10 Rekrutan Terbaik MU di Era Ferguson

Nemanja Vidic
Sumber :
  • zimbio
VIVAbola -
Rekor Buruk Mourinho di MU
Selama berkarier di Manchester United, Sir Alex Ferguson telah banyak mendatangkan banyak pemain berkualitas. Tangan dinginnya mampu membuat para pemain ini menorehkan prestasi tinggi di Old Trafford.

MU Mainkan Mkhitaryan Lagi, Mourinho Tidak Puas

Tentunya menarik siapa saja pemain bintang yang berhasil didatangkan Fergie. Berikut 10 rekrutan terbaik Fergie di Setan Merah seperti dilansir Sky Sports:
Sudah Jadi Pemain MU, Pogba Masih Dibelikan Rumah Juventus


1. Roy Keane, £3.75 juta dari Nottingham Forest (22 Juli 1993)

Kedatangan Roy Keane ke Old Trafford jelas tak bisa diabaikan. Selain sukses mengganjal kepindahan pemain

Republik Irlandia ini ke Blackburn Rovers yang saat itu menjadi rival MU, Keane adalah gelandang yang paling dicari.

Terlepas dari berbagai kontroversinya selama berkarir di Setan Merah, Keane adalah pemain fenomenal. Dia sukses mempersembahkan 12 gelar untuk MU, 9 di antaranya saat menjabat sebagai kapten.

2. Denis Irwin, £625 ribu dari Oldham (8 Juni 1990)

Dengan formasi 4-4-2, peran fullback begitu penting dalam hal membantu winger dan juga sesekali membantu penyerangan.


Fergie begitu tertarik dengan kemampuan Irwin saat MU menghadapi Oldham di semifinal Piala FA. Pada musim panas 2010, Setan Merah berhasil mendapatkan jasa pemain ini.


Penampilan Irwin di MU begitu memuaskan. Umpan, tekel, dan juga umpan silangnya begitu memanjakan Eric Cantona dan David Beckham. Selama pengabdiannya di Old Trafford, Irwin tampil 529 kali, menyumbangkan 33 gol, 7 gelar Premier League, 3 Piala FA, 1 Piala Liga, 1 Liga Champions, dan 1 Piala Winners.


3. Eric Cantona, £ 1.2 juta dari Leeds United (27 November 1992)

Setelah beberapa kali pindah klub, MU benar-benar menjadi rumah sebenarnya bagi Eric Cantona. Pemain asal Prancis ini menjadi kunci keberhasilan MU meraih gelar Liga Inggris pertama dalam 26 tahun terakhir pada 1992-93.


Kegemilangan Cantona berlanjut semusim kemudian dengan raihan double winners di Piala FA dan Premier League. Raihan double kembali diraih pada musim 1995-96. Cantona mencetak gol kemenangan saat MU melawan pesaing utama Premier League, Newcastle United dan di final Piala FA melawan Liverpool.


Cantona pensiun pada 1997 setelah sukses meraih gelar Premier League keempat. Total Cantona mencetak 82 gol dari 185 penampilan bersama MU.


4. Ole Gunnar Solskjaer, £1.5 juta dari Molde (23 Juli 1996)

Solksjaer datang saat MU sedang gencar berburu Alan Shearer. Striker asal Norwegia ini ternyata sanggup menjawab kepercayaan Fergie.


Di laga debutnya melawan Blackburn, Solksjaer yang baru berusia 23 tahun sukses mencetak gol hanya 6 menit setelah masuk 6 menit. Solksjaer terbukti bukanlah pemain pelapis. Hanya 29 gol dari total 126 gol yang dicetaknya berasal saat berstatus pemain pengganti.


Momen terbesar Solksjaer adalah saat mencetak 4 gol dalam 12 menit saat melawan Nottingham Forest pada 1999.


5. Peter Schemeichel, £550 ribu dari Brondby (1 Juli 1997)

Sebelum kedatangan Schmeichel, sudah 16 penjaga gawang berganti-ganti digunakan MU. Kedatangan kiper timnas Denmark ini membuat MU memiliki pertahanan yang kokoh.


Schmeichel diboyong MU setelah sukses membaw Denmark menjuarai Piala Eropa 1992. Schmeichel adalah salah satu kunci kesuksesan Setan Merah meraih treble winners pada 1999.


6. Ruud van Nistelrooy, £19 juta dari PSV Eindhoven (1 Juli 2001)

Van Nistelrooy berhasil mencetak 2 gol di laga debutnya. Lalu pemain asal Belanda ini terpilih sebagai pemain terbaik Liga Inggris di musim pertamanya. Van Nistelrooy juga tercatat sebagai pemain MU kedua tercepat yang sukses menorehkan 100 gol.


Nistelrooy begitu tajam selama membela MU. Total dia mencetak 150 gol dari 215 laga bersama Setan Merah.


7.Gary Pallister, £2.3 juta dari Middlesbrough (29 Agustus 1989)

Pallister menjelma menjadi bek andalan MU. Meskipun hanya tampil 22 kali bersama timnas Inggris, perannya di MU tak tergantikan. Steve Bruce dan Gary Pallister menjadi kunci keberhasilan MU meraih 8 gelar dalam 6 tahun.


Kerja kerasnya sempat berbuah gelar Pemain Terbaik Liga Inggris versi PFA pada 1992. Total Pallister membela MU dalam 437 penampilan.


8. Wayne Rooney £20 juta dari Everton (31 Agustus 2004)

Dana besar yang dikeluarkan MU untuk mendatangkan Rooney ternyata tidak sia-sia. Di usianya yang saat itu baru menginjak 18 tahun, Rooney telah menunjukkan diri sebagai pemain berbakat.


Rooney tak perlu waktu lama untuk membuktikan diri. Di laga debutnya kontra Fenerbahce, Rooney sanggup menorehkan hattrick. Total Rooney telah menyumbangkan 197 gol dari 400 penampilan.


9. Cristiano Ronaldo, £12.24 juta dari Sporting Lisbon (12 Agustus 2003)

Fans MU meminta agar Fergie memboyong Ronaldo Brasil saat pemain plontos ini mencetak hattrick ke gawang Red Devils di Liga Champions pada April 2003. Empat bulan kemudian, Ronaldo memang hadir, namun Cristiano Ronaldo.


Ronaldo ternyata sanggup membayar kepercayaan publik Old Trafford. Sejak melakoni debut menjanjikan melawan Bolton Wanderers, CR7 menjadi sosok tak tergantikan meskipun usianya tergolong belia.


Enam tahun kemudian, MU menjual Ronaldo ke Madrid. Namun pemain asal Portugal ini telah membantu Fergie merebut gelar Liga Champions kedua. Saat dijual Ronaldo menjadi pemain termahal di dunia dengan nilai £80 juta.


10. Nemanja Vidic, £7 juta dari Spartak Moskow (4 Januari 2006)

Vidic berhasil menjawab kepercayaan Fergie dengan penampilan apik di lini belakang. Duetnya bersama Rio Ferdinand di lini belakang membuat barisan pertahanan MU sulit ditembus.


Torehan 5 gelar Premier League, 3 Piala Liga, dan 1 Liga Champions adalah bukti pemain Serbia ini adalah pemain tak tergantikan.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya