6 Exco PSSI Terhukum Tolak Keputusan Komdis

Sihar Sitorus, Ketua Komite Kompetisi PSSI
Sumber :
  • ANTARA/Puspa Perwitasari
VIVAbola
Andik Vermansyah Absen di Seleksi Timnas Tahap Kedua
- Salah seorang Anggota eksekutif PSSI, Sihar Sitorus menolak hukuman yang dijatuhkan Komisi Disiplin (Komdis) PSSI terhadap dirinya dan kelima exco lainnya. Sihar juga menegaskan bahwa pihaknya tidak akan mengajukan banding terhadap sanksi itu.

Arema Rela 'Peras Otak' Demi Timnas Indonesia

Komdis PSSI baru saja menjatuhkan larangan berkecimpung selama 10 tahun kepada enam anggota exco PSSI. Mereka dianggap telah bertingkah laku buruk karena memalsukan tanda tangan Ketum PSSI, Djohar Arifin Husin, saat pengesahan 18 Pengprov PSSI, 7 Maret lalu. Selain Sihar Sitorus, lima exco PSSI lainnya adalah Farid Rahman, Bob Hippy, Mawardy Nurdin, Widodo Santoso, dan Tuti Dau.
TC Timnas Hari Kedua, Boaz Jalan-jalan di Pinggir Lapangan


Dalam jumpa pers yang digelar di Jakarta, Selasa, 7 Mei 2013, Sihar menuding bahwa keputusan itu tidak sah. Pasalnya, pergantian Ketua Komdis yang kini dijabat oleh Hinca Panjaitan tidak melalui rapat Komite Eksekutif PSSI dan tidak diikuti oleh 6 exco PSSI lainnya.


"Kami tidak pernah melakukan pergantian Komdis PSSI melalui rapat exco. Ketua Komdis Hinca Pandjaitan tidak sah. Sampai saat ini, Bernard Limbong masih menjabat sebagai Ketua Komdis PSSI," ujarnya.


Sihar menjelaskan, saat ini masih sah menjabat sebagai anggota exco. Karena itu, dia bersama 5 anggota exco lain tidak akan mengajukan banding meski Komdis PSSI memberikan kesempatan kepada mereka hingga 14 hari setelah sanksi Komdis PSSI diterbitkan.


"Hukuman ini seperti halusinasi. Sampai saat ini, kami masih menjadi anggota exco yang sah. Jadi apapun keputusan mereka, tidak berlaku bagi kami. Sebab, kami masih anggota exco. Kami juga tidak akan melakukan banding atas putusan itu," kata Sihar.


Dalam kesempatan itu, Sihar meminta FIFA, AFC, dan pemerintah  ikut mencermati perkembangan yang terjadi. Pasalnya, Sihar menilai, putusan rapat exco PSSI telah menyalahi aturan, seperti pergantian Ketua BTN yang tidak diikuti oleh 6 anggota exco yang sah.


"Seharusnya FIFA, AFC, dan pemerintah mengikuti perkembangan. Di antaranya, ada beberapa putusan rapat exco menyalahi aturan tanpa diikuti 6 orang anggota exco yang masih aktif," ujar Sihar. (eh)


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya