Komite Wasit Akan Evaluasi Kinerja Wasit Korban Pemukulan

Pieter Rumaropean saat memuluk wasit
Sumber :
  • The Sun

VIVAbola - Ketua Komite Wasit PSSI, Robertho Rouw mengatakan pihaknya akan mengevaluasi kinerja wasit Muhaimin dalam laga Persiwa Wamena kontra Pelita Bandung Raya. Pertandingan itu diwarnai aksi pemukulan pemain, Pieter Rumaropen terhadap wasit Muhaimin.

Buntut pemukulan itu, Pieter dikenai sanksi seumur hidup tidak boleh boleh beraktivitas di sepakbola nasional oleh Komite Disiplin PSSI. Meski telah dijatuhi sanksi, Roberto menilai, kinerja wasit harus dievaluasi.

"Tentu akan ada evaluasi juga buat wasit Muhaimin. Pemain memukul wasit juga pasti ada sebabnya, tidak mungkin tiba-tiba dia langsung memukul," kata Robertho di kantor PSSI, Jumat 26 April 2013.

Menurut Robertho, tidak hanya pemain saja yang perlu diinvestigasi. Wasit juga harus diselidiki. "Kami (PSSI) harus jujur, kinerja wasit juga perlu mendapat perhatian. Wasit juga harus dikenakan sanksi berat bila terbukti bersalah. Jangan hanya pemain saja yang disalahkan. Bagaimana pun kepemimpinan wasit sangat berpengaruh," lanjut Robertho.

"Karena itu, kami akan mengevaluasi wasit tidak hanya Muhaimin. Komdis sudah memutuskan sudah sanksi buat pemain. Sekarang, waktunya Komite Wasit melakukan evaluasi," papar Robertho.

Sementara itu, anggota Komite Wasit PSSI, Jimmy Napitulu belum bisa berkomentar banyak mengenai sanksi yang bakal diterima oleh wasit Muhaimin bila terbukti bersalah. "Nanti kami akan melakukan evaluasi pada 1 Mei 2013. Bila memang dia terbukti bersalah, tentu akan ada hukumannya. Namun bervariasi dari tingkat kesalahan yang dilakukan," ujar Jimmy saat dihubungi.

Jimmy menjelaskan, ada beberapa aspek evaluasi teknis dalam mengevaluasi kinerja wasit Muhaimin. Komite wasit akan melihat sejumlah faktor timbulnya keputusan wasit Muhaimin memberikan penalti kedua  kepada PBR seperti: tackling dengan 2 kaki OK John terhadap Nova Arianto, penempatan posisi wasit saat melihat pelanggaran serta faktor lapangan."Memimpin pertandingan saat kering dan basah berbeda. Ini menjadi bahan evaluasi Komite Wasit," kata Jimmy.

Mainkan Rumaropen, Persiwa Didenda Rp100 Juta

Kendati demikian, Jimmy melihat, wasit Muhaimin telah menjalankan tugas dengan benar sepanjang laga. "Termasuk saat memberikan penalti kedua buat PBR. Apapun alasannya, tidak dibenarkan pemain memukul wasit sekalipun wasit melakukan kesalahan," kata dia.

Wasit Muhaimin, Jimmy menambahkan, baru sekali memimpin laga ISL Persiwa vs Pelita Bandung Raya. Saat ini, dia sedang diisitirahatkan."Dia wasit promosi. Setiap wasit promosi pasti menampilkan kinerja terbaik. Kami pun telah memantau setiap pertandingan yang dipimpin sebelumnya di Divisi Utama."

Manajer Persiwa Wamena, Agus Santoso (kanan)

Persiwa Terima Tawaran PT Liga Main di Divisi Utama

Persiwa secara finansial tidak mampu tampil di ISL 2015.

img_title
VIVA.co.id
22 Januari 2015