VIVABOLA

Bayern dan Dortmund Berpeluang Cetak Sejarah Final "Sesama Jerman"

Sejarah Liga Champions itu sudah diukir Spanyol, Italia, dan Inggris
Kamis, 25 April 2013
Oleh : Haryanto Tri Wibowo
Bayern Munich VS Brossia Dortmund
VIVAbola - Dua tim elit Jerman, Bayern Munich dan Borussia Dortmund, sukses besar di leg 1 semifinal Liga Champions setelah masing-masing menghajar dua raksasa Spanyol, Barcelona dan Real Madrid. Kedua tim Budesliga itu berpeluang cetak sejarah final sesama tim asal Jerman pertama di pentas Liga Champions.

Sepanjang sejarah Liga Champions, baru ada tiga kali final sesama negara terjadi. Pertama adalah ketika Real Madrid mengalahkan Valencia 3-0 pada final 2000 yang berlangsung di Stade de France, Paris.

Setelah itu, ada final sesama raksasa Serie A, Juventus melawan AC Milan di Old Trafford, Manchester, pada final 2003. Ketika itu I Rossoneri berhasil mengalahkan Juventus lewat drama adu penalti.

Final sesama negara terakhir terjadi pada 2008. Ketika itu Manchester United menghadapi Chelsea di Stadion Luzhniki, Moskow. The Red Devils yang masih diperkuat Cristiano Ronaldo berhasil mengalahkan Chelsea lewat adu penalti setelah pertandingan berakhir imbang 1-1 selama 120 menit.

Belum pernah ada final sesama tim Jerman terjadi di Liga Champions. Satu-satunya final sesama tim Jerman di kompetisi Eropa terjadi pada final Piala UEFA 1979/1980, ketika Eintracht Frankfurt mengalahkan Borussia Monchengladbach.

Namun, catatan sejarah final sesama tim Jerman di Liga Champions bisa diukir Munich dan Dortmund musim ini. Munich difavoritkan melangkah ke final setelah menang 4-0 atas Barcelona pada leg 1 semifinal, sedangkan Dortmund menekuk Real Madrid 4-1 di Signal Iduna Park. (ren)
TERKAIT
TERPOPULER