Komdis PSSI Hukum Pieter Rumaropen Seumur Hidup

Wasit (kuning) tampak mengucurkan darah dari wajahnya
Sumber :
  • VIVANEWS/Yadi

VIVAbola - Pemain Persiwa Wamena, Pieter Rumaropen, dijatuhi larangan berkecimpung di sepakbola Indonesia seumur hidup setelah bersalah memukul wasit Muhaimin. Insiden itu berlangsung ketika timnya melawan Pelita Bandung Raya di Stadion Siliwangi, Minggu 20 April 2013.

Kepastian itu disampaikan Ketua Komisi Disiplin PSSI, Hinca Pandjaitan, usai menggelar sidang, Rabu 24 April 2013. Hinca menjelaskan, keputusan tersebut diambil Komdis setelah menerima laporan Pengawas Pertandingan dan melihat rekaman pertandingan.

Mainkan Rumaropen, Persiwa Didenda Rp100 Juta

"Kami telah menonton video dan mendapat laporan pengawas pertandingan. Bahkan melihat langsung kondisi wasit Muhaimin. Kami telah mendiskusikan tingkah laku buruk Rumaropen yang mencederai wasit sehingga tidak bisa melanjutkan memimpin pertandingan. Kami menghukum Rumaropen seumur hidup," jelas Hinca di kantor PSSI, Senayan, Jakarta.

Berlaku Besok

Persebaya Tampung Eks Persiwa dan Persik

Hukuman untuk Rumaropen mulai berlaku setelah Surat Keputusan diterbitkan besok, Kamis 25 April 2013. Namun, Hinca mengatakan Komdis memberikan kesempatan banding kepada sang pemain terhitung 14 hari setelah SK dikeluarkan.

Hinca juga menyatakan, pihaknya tidak perlu menghadirkan Rumaropen dalam sidang Komdis. Pasalnya, Komdis mengetahui Rumaropen terlibat langsung dalam kasus pemukulan itu.

"Kami akan memanggil seseorang dalam sidang saat kami ragu untuk mengambil keputusan. Jadi, kami tidak perlu menghadirkan Rumaropen dalam sidang Komdis hari ini," tegas Hinca.

Insiden pemukulan tersebut terjadi di babak kedua. Keputusan wasit Muahimin yang memberi PBR hadiah tendangan penalti membuat Rumaropen berang. Pemain 29 tahun itu kemudian memukul wasit Muhaimin hingga mengalami pendarahan di bagian bibir. (ren)

Manajer Persiwa Wamena, Agus Santoso (kanan)

Persiwa Terima Tawaran PT Liga Main di Divisi Utama

Persiwa secara finansial tidak mampu tampil di ISL 2015.

img_title
VIVA.co.id
22 Januari 2015