Rekor Buruk Barcelona Vs Superioritas Bayern Munich

Barcelona Tekuk AC Milan
Sumber :
  • REUTERS/Albert Rea

VIVAbola - Untuk pertama kalinya dalam 6 tahun terakhir, Barcelona datang ke semifinal Liga Champions dengan status sebagai underdog. Lionel Messi dan kawan-kawan kurang diunggulkan saat menghadapi Bayern Munich yang begitu superior musim ini.

Barca bisa dikatakan kurang konsisten di Liga Champions 2012/2013. Dalam lima laga terakhir di kasta kompetisi tertinggi klub-klub Eropa itu, Azulgrana cuma menang sekali.

Sebaliknya, Bayern punya rekor yang mengerikan. Mereka sanggup memenangi empat dalam lima laga terakhir, termasuk mempermalukan klub-klub kuat macam Juventus dan Arsenal. Maka, wajar rasanya jika status unggulan kini dipegang Bayern.

Tak hanya itu, head to head kedua tim juga berpihak ke Bayern. Dalam enam pertemuan, Die Roten sanggup memenangi tiga pertandingan dan dua laga lainnya berakhir imbang. Barca cuma menang sekali dan tak pernah bisa menang saat main di markas Bayern.

Bayern yang akan menjamu Barca pada leg 1 semifinal Liga Champions di Allianz Arena, Selasa 23 April 2013, sangat percaya diri jelang laga ini. Apalagi, dalam dua laga terakhir di Bundesliga, Manuel Neuer dan kawan-kawan menang besar dengan skor 6-1.

"Kami mempersiapkan diri dengan baik untuk laga melawan Barcelona. Dan kami berhasil," kata Neuer usai kemenangan besar timnya atas Hannover 96, akhir pekan lalu.

Barca Fokus Bertahan?

Barca sepertinya sadar potensi kekuatan Bayern di Allianz Arena. Apalagi, Bayern memiliki rekor cukup bagus di markasnya ketika berlaga di Liga Champions. Bayern sanggup mencatatkan 17 kemenangan dari 20 pertandingan di sana.

Adapun Blaugrana punya rekor buruk lain, yakni hanya meraih tiga kemenangan dari 15 laga tandang di babak knock out Liga Champions. Barca pun diprediksi akan sangat berhati-hati di laga ini agar tak kecolongan banyak gol.

"Kunci di pertandingan nanti adalah menguasai bola. Bayern sangat baik dalam dominasi bola dan kami harus merebutnya," kata gelandang Barca, Cesc Fabregas, di situs resmi Barca.

"Bayern benar-benar kuat di sayap dan lini depan. Mandzukic dan Mario Gomez dalam kondisi terbaik. Saya percaya mereka memiliki tim yang hebat, tapi begitu juga kami," ucap mantan gelandang Arsenal tersebut.

Duel Sengit di Tengah

Salah satu aspek menarik dari duel ini adalah pertempuran di lini tengah. Kedua kubu memiliki gelandang-gelandang terbaik Eropa. Barca dengan trio Sergio Busquets, Xavi dan Andres Iniesta akan menghadapi jangkar solid Bayern dalam diri Bastian Schweinsteiger dan Javi Martinez.

Menurut Martinez, kunci permainan Barca terletak dalam diri Busquets. Ia pun meminta rekan-rekannya untuk mematikan pergerakan pemain 24 tahun tersebut.

"Busquets adalah pemain kunci Barca. Ada pemain-pemain lain yang mendapatkan lebih banyak pujian, namun Barca telah memenangi begitu banyak gelar berkat dia," kata Martinez seperti dilansir Football Espana.

"Dia selalu menjaga posisinya dan membuat pemain seperti Xavi dan Iniesta bisa maju ke depan. Mereka mengetahui posisinya sudah dilindungi oleh Busquets," ucap Martinez.

Barca juga cukup rapuh jelang duel ini menyusul cederanya Carles Puyol dan Javier Mascherano. Adriano juga harus absen karena akumulasi kartu. Kemungkinan besar tim Catalan itu akan menduetkan Gerard Pique dengan bek muda, Marc Bartra.

Fakta Unik Bayern vs Barca:
1.
Bayern memenangi 18 dari 19 laga terakhir di semua kompetisi

Barcelona Masih Mau Beli Striker Walau Sudah Ada MSN

2. Bayern cuma kalah sekali dalam 20 laga kandang melawan klub Spanyol (14 menang, 5 seri)

3. Barca hanya menang dua kali dari delapan laga tandang terakhir di semua kompetisi (2 kalah, 4 seri)

Barcelona Tak Panik Usai Dibantai Liverpool

4. Xavi memberi umpan sebanyak 1.005 kali di Liga Champions musim ini dengan akurasi mencapai 88 persen

5. Mario Mandzukic dan Adriano absen karena akumulasi kartu kuning

Liverpool Gilas Barcelona di Wembley

6. Toni Kroos, Holger Badstuber, Carles Puyol, Javier Mascherano absen karena cedera

Perkiraan Susunan Pemain
Bayern:
Neuer; Lahm, Buyten, Dante, Alaba; Martínez, Schweinsteiger; Robben, Mueller, Ribery; Gomez

Barca: Valdes; Alves, Pique, Bartra, Alba; Xavi, Busquets, Iniesta; Pedro, Messi, Sanchez (one)

BACA JUGA:

Pelatih Kenya Remas Kemaluan Wasit Hingga Impoten

Deretan Bintang Penghangat Bangku Cadangan

Pique: Bodoh Jika Barca Tak Butuh Messi

Kiat Pemain Spanyol di Bundesliga Kalahkan Barca

Munich Berharap Messi Tak Main

Usai Gigit Lawan, Twitter Suarez Difollow Mike Tyson

Alasan Mike Tyson Follow Twitter Suarez

6 Aksi Gigitan Terkenal di Olahraga

Selebrasi Juara EPL, Evra Sindir Gigitan Suarez

Hattrick Van Persie Pastikan MU Raih Trofi ke-20

Kata Van Persie Usai Raih Trofi Perdana Premier League

Ferguson: Gol Voli RVP Penentu Trofi Juara 

Rahasia MU Juara Premier League

7 Fakta Penting Usai MU Kembali Juara Premier League

FOTO: MU Raih Trofi ke-20 Liga Inggris


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya