City Kalah, MU Siapkan Pesta Juara di Old Trafford

Manchester United vs Liverpool 2013
Sumber :
  • REUTERS/Phil Noble

VIVAbola - Suporter Manchester United tampak tak antusias saat gelandang Manchester City, Samir Nasri mencetak gol cepat ke gawang Tottenham Hotspur dalam big match Premier League, Minggu malam, 21 April 2013. Begitu juga dengan Sir Alex Ferguson dan pasukannya.

Rekor Buruk Mourinho di MU

Harus lebih bersabar untuk menggelar pesta menggelayut dalam benak mereka. Karena sang rival sekaligus tim sekotanya, City tampaknya akan menang mudah atas Spurs.

Namun, siapa sangka jika gol cepat Nasri di menit ke-5 tak menggambarkan hasil akhir pertandingan di White Hart Lane itu. Pada babak kedua, hanya dalam waktu tujuh menit, Spurs berhasil mencetak tiga gol lewat Clint Dempsey (menit 75), Jermain Defoe (80') dan Gareth Bale (82'). Tottenham akhirnya menang 3-1 hingga akhir pertandingan.

Sontak kemenangan Spurs ini membuat berbinar wajah para pendukung MU, tak terkecuali Ferguson dan pasukannya. Mahkota juara Premier League kini semakin dekat ke Manchester Merah dan menjauh dari Manchester Biru.

Dan dini hari nanti, MU akan melakoni laga penentuan saat menjamu Aston Villa di Old Trafford. Jika MU berhasil mengalahkan Villa, maka mahkota juara akan menjadi milik MU. Pesta di kandang tentu akan lebih spesial.

Maklum, selisih 13 poin akan menjadi 16 poin jika MU berhasil mengamankan tiga poin. Dengan sisa lima laga yang dimiliki City, maka torehan 84 poin MU tak akan terkejar dan mahkota juara kembali ke Old Trafford. Gelar ke-20 MU di kompetisi tertinggi Inggris kini di depan mata.

Mancini Telah Lama Lempar Handuk
Tertinggal dua digit dari tim sekelas MU tentu bukan kondisi yang ideal. Alasan itu pula yang membuat manajer Manchester City, Roberto Mancini, mengisyaratkan lempar handuk, bahkan sebelum kekalahan dari Spurs, malam tadi. Cerita heroik musim lalu, saat City menyingkirkan MU dan menjaidn juara lewat laga pamungkas hampir mustahil terulang.

Setelah kekalahan dari Spurs, Mancini kembali mengakui keperkasaan rival sekotanya itu. Seraya memberi selamat kepada kubu MU, Mancini lebih memilih untuk fokus finis kedua di klasemen plus menjuarai Piala FA tentunya.

"Persaingan menuju gelar juara sudah tuntas tiga atau empat pekan lalu. Manchester United pantas menjadi juara," kata Mancini kepada Sky Sports. "Penting untuk kami menang sebanyak mungkin di lima laga tersisa dan memenangi final Piala FA," tegasnya.

Torehan 68 poin dari Manchester City memang masih mungkin dikejar Arsenal (63), Chelsea (62) atau Tottenham Hotspur (61). Wajar, jika Mancini tetap menargetkan sapu bersih kemenangan di lima pertandingan terakhir. Harapan kini tinggal di final Piala FA melawan Wigan Athletic.

Konsistensi MU dan Kontribusi Besar RVP
Melihat statistik dari duo Manchester musim ini, MU sebenarnya memang layak tampil sebagai pemenang. Hingga 33 pertandingan yang telah dilakoni kedua tim ini, MU unggul segalanya atas City. Konsistensi menjadi kunci MU menang di lintasan pacu menuju tangga juara.

MU berhasil mengemas 26 kemenangan, dua hasil imbang dan empat kekalahan. Sedangkan City mengemas 20 kemenangan, delapan hasil imbang dan lima kali menelan kekalahan. Meski catatan kebobolan City lebih sedikit dari MU, namun RVP dan kawan-kawan lebih produktif sehingga memiliki selisih gol yang lebih bagus dari sang rival.

MU berhasil mencetak 75 gol dan harus kebobolan 35 gol. Sedangkan The Citizens menceploskan 59 gol dengan 30 kali kebobolan. Dengan kata lain, MU memiliki selisih gol lebih baik dari City dengan perbandingan 40:29. Menariknya, faktor selisih gol ini pula yang musim lalu membuat MU harus meradang meski mengoleksi poin yang sama.

Lalu, siapa pemain kunci dari penampilan konsisten MU sepanjang musim ini? Tentu, jawaban mudah ditemukan. Tak terbantahkan jika kehadiran Robin van Persie menjadi elemen penting dari hasil yang ditorehkan pasukan Iblis Merah. Striker timnas Belanda yang diboyong dari Arsenal ini kerap menjadi penyelamat MU di laga-laga krusial.

Kehebatan Van Persie juga terlihat dari torehan golnya musim ini. RVP berhasil mencetak 21 gol di pentas Premier League dan hanya terpaut dua gol dari striker Liverpool, Luis Suarez yang kini memimpin daftar pencetak gol terbanyak.

Preview MU Kontra Aston Villa

Menghadapi Aston Villa, skuad Iblis Merah tentu layak diunggulkan. Selain 'beda kelas' secara peringkat, MU juga akan bermain di hadapan pendukungnya. Sebagai catatan, Aston Villa tengah berjuang menjauh dari zona merah. Aston Villa nangkring di peringkat 17 dan hanya unggul atas Wigan Athletic, Queens Park Rangers dan Reading.

Namun, Ferguson tak mau lengah. Manajer asal Skotlandia ini tetap mewanti-wanti pasukannya untuk tampil serius guna segera memastikan gelar juara.

MU Mainkan Mkhitaryan Lagi, Mourinho Tidak Puas

"Setiap pertandingan sekarang terlihat penting dibanding yang lainnya. Ketika Anda semakin dekat dengan garis finis itu cara yang harus ditempuh," kata Ferguson menanggapi laga kontra Villa.

Kubu MU juga merasa diuntungkan dengan tak adanya pemain yang cedera. Hanya Ashley Young dan Paul Scholes yang tengah berusaha mengembalikan kebugaran. Selain itu, seluruh pemain MU siap diturunkan di pertandingan penting itu.

Sebaliknya, Villa tengah dalam kondisi pincang. Pemain pilar macam Richard Dunne, Marc Albrighton, Chris Herd dan Gary Gardner masih harus absen karena cedera. Beruntung, Villa mendapat sedikit hiburan dengan kembalinya Gaby Agbonlahor yang sebelumnya harus absen karena cedera otot paha.

Villa sebenarnya bukan tanpa jimat. Pesona apik striker muda, Christian Benteke pantas diwaspadai Nemanja Vidic dan kawan-kawan. Pemain yang juga masuk nominasi Pemain Muda Terbaik Inggris ini telah membuktikan ketajamannya dengan torehan 15 gol. MU harus mewaspadai striker satu ini.

Mampukah MU menggelar pesta dini di Old Trafford? Semua akan terjawab dini hari nanti. Yang jelas, suporter MU kini tengah bersiap menggelar pesta kemenangan. (one)

BACA JUGA:

Liverpool Tunjuk Direktur Sepakbola untuk Pertama Kali

Aksi "Ganas" Surez Gigit Lengan Ivanovic

Deretan Aksi Kontroversial Suarez

Wasit Duel Bayern Vs Barca Dibenci Rakyat Ukraina

Tendangan Bebas Spektakuler Van Dijk Bungkam Arema

Pemain Pukul Wasit, Persiwa Pasrah Sanksi PSSI

5 Kekurangan Cristiano Ronaldo

VIDEO Juventus Tundukkan AC Milan

6 Fakta Penting Usai Chelsea Ditahan Liverpool

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya