RD: Kayamba Dipaksakan Bermain Lawan Persib

Penyerang Arema Indonesia, Keith Kayamba Gumbs
Sumber :
  • ANTARA
VIVAbola - 
Dilarang Pakai Atribut, Suporter Persija Berontak
Pelatih Arema Indonesia, Rahmad Darmawan, secara tidak langsung mengakui dirinya telah melakukan sedikit kesalahan karena memaksa untuk memainkan Keith Kayamba Gumbs saat menghadapi Persib Bandung. Sriwijaya takluk 0-1 dalam laga yang berlangsung di Stadion Si Jalak Harupat, Sabtu 20 April 2013.


Padahal sebelum pertandingan dimulai, RD sempat ragu-ragu antara memainkan pemain kawakan tersebut atau mengistirahatkannya. Pada laga ini, Kayamba sendiri ditarik keluar pada menit 46 digantikan Dendi Santoso.
Bus Persib Kecelakaan Gara-gara Rem Blong


“Kondisi Kayamba sebelum pertandingan memang sedikit meragukan karena mengalami flu dan sedikit diare. Saya sempat konsultasi dengan dokter tim dan dia menyatakan siap. Tapi ternyata dia belum optimal,” jelas RD.


RD puas dengan permainan yang ditunjkukan anak asuhnya. Namun, hasil akhir yang negatif tetap membuat dirinya tidak bisa menutupi kekecewaan karena secara umum Singo Edan sebenarnya lebih menguasai permainan dan menciptakan banyak peluang.


"Karena dalam satu situasi Persib bisa mengubah keadaan setelah pemain kami melakukan pelanggaran yang tidak perlu. Tapi saya tidak mau menyalahkan individu karena sepak bola adalah permainan kolektif,” ucap RD.


Lebih jauh RD mengakui jika secara strategi, Persib bermain sesuai keinginan. Dengan kata lain, RD menyatakan dirinya kalah cerdik dari Djadjang Nurdjaman yang musim lalu jadi salah satu pendampingnya di Pelita Jaya.


“Yang pasti Persib telah bermain sesuai dengan rencana dan strategi yang mereka inginkan. Tapi saya tidak berhak memberikan penilaian lebih jauh soal strategi Persib,” tegas RD.


“Saya hanya sangat menyayangkan keputusan para pemain kami yang terlihat buru-buru ketika mendapatkan peluang matang di depan gawang. Selain itu, juga kurang sabar ketika mencoba membuka ruang dari kedua sayap,” ucapnya.


Usai laga melawan Arema, bus yang mengangkut rombongan tim Persib Bandung yang terdiri dari pemain, staf pelatih dan ofisial tim terjebak dalam kemacetan selama berjam-jam di jalur Soreang-Bandung. Hingga sekitar pukul 00.00 WIB, rombongan tim Maung Bandung masih terjebak dalam kemacetan di jalur Kopo.


Selain karena banyaknya jumlah kendaraan yang melalui salah satu akses jalan keluar dari Soreang ke Kota Bandung. Kemacetan juga ditenggarai terjadi karena luapan air sungai Citarum sehingga mengakibatkan ruas jalan di jalur ini, tepatnya di kawasan Cilampeni, Kecamatan Kopo tergenang air dan membuat kendaraan sulit bergerak.

           

“Macet total,” tulis Asisten Pelatih Persib, Asep Sumantri dalam status BlackBerry Massanger.

           

Dari pantauan
VIVAbola
, kemacetan di jalur Soreang-Bandung sebenarnya sudah terjadi sejak siang hari. Kemacetan kian bertambah parah setelah ribuan Bobotoh yang menyaksikan laga Persib lawan Arema mulai membubarkan diri.


Minimnya akses jalan menuju dan dari Soreang, selama ini memang dinilai jadi salah satu kekurangan dari Stadion Si Jalak Harupat. Tidak mengherankan jika setiap Persib bertanding, kemacetan terjadi di jalur Soreang-Bandung.


Kemacetan berjam-jam di jalur Soreang-Bandung usai laga Persib kontra Arema, bisa dikatakan sama parahnya dengan kemacetan yang terjadi seusai laga persahabatan Persib kontra Persikab Kabupaten Bandung pada tahun 2006 silam.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya