Saint-Etienne Juara Piala Liga Prancis 2012-13

Saint-Etienne juara Piala Liga Prancis
Sumber :
  • REUTERS/Benoit Tessier
VIVAbola -
Tundukkan Rennes, PSG Tempel Ketat Lyon
Saint-Etienne menuntaskan kejutannya di ajang Piala Liga Prancis atau Coupe de La Ligue 2012-13. Tim berjuluk Les Verts ini berhasil menjadi juara setelah menaklukkan Rennes 1-0 di partai final, Sabtu 20 April 2013 (Minggu dini hari WIB).

Ibrahimovic Hattrick, PSG Pesta Gol Lawan Saint-Etienne

Gol tunggal Saint-Etienne dalam laga yang berlangsung di Stade de France itu dicetak oleh Brandao menit 18. Striker asal Brasil itu tidak menyia-nyiakan kesempatan emas di depan gawang.
Rennes Pastikan Tempat di Final Piala Prancis


Ini adalah gelar pertama Saint-Etienne setelah 32 tahun paceklik gelar sekaligus gelar Piala Liga pertama mereka. Gelar terakhir yang direbut tim yang pernah diperkuat Laurent Blanc dan Michel Platini adalah Ligue 1 pada musim 1980-81.


Kiprah Saint-Etienne di ajang Piala Liga musim ini tergolong mengejutkan. Kejutan terbesar mereka adalah ketika menyingkirkan tim bertabur bintang, Paris Saint-Germain di babak perempat final. PSG takluk 3-5 lewat adu penalti setelah bermain imbang 0-0 selama 120 menit.


Tim besutan Christophe Galtier ini juga tampil mengejutkan di Ligue 1. Mereka kini menempati peringkat keempat dan berpeluang lolos ke Liga Champions musim depan.


Saint-Etienne sebenarnya salah satu klub tersukses di Prancis. Sampai saat ini, mereka adalah pengoleksi gelar Ligue 1 terbanyak bersama Olympique Marseille, yakni 10 kali juara. Namun nama mereka lama tenggelam karena beberapa kali bermain di Ligue 2.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya