Pilih Tim Anda
Daftar

Pemain-pemain Asing yang Menjadi Muallaf di Indonesia

Selain Abanda ada Diego Michiels, Marcio Souza, Danilo Fernando.
Sabtu, 20 April 2013, 00:07 WIB
Muchamad Syuhada
Klub
Abanda Herman (kanan) mengucapkan dua kalimat syahadat  

VIVAbola - Nama bek Persib Bandung, Abanda Herman, kini sudah berubah menjadi Ahmad Abanda Herman. Itu setelah pada Kamis sore, 18 April 2013, bertempat di Masjid Nurul Iman, pria 29 tahun tersebut mengucap dua kalimat syahadat sebagai syarat masuk Islam.

Usai resmi menjadi muallaf (orang yang baru memeluk Islam), Abanda lalu menjelaskan dengan gamblang keputusannya berpindah keyakinan.

"Saya tidak begitu saja memutuskan masuk Islam. Semuanya terjadi dalam sebuah proses yang lumayan lama. Awalnya, saya ingin tahu, kemudian belajar hingga akhirnya benar-benar memutuskan jadi seorang muslim," ungkapnya.

"Saya juga tergugah dengan sejumlah ajaran Islam lainnya yang sangat menekankan bahwa semua manusia itu sama kedudukannya di hadapan Tuhan," tambah Abanda.

Abanda bukan satu-satunya pemain asing yang masuk Islam ketika bermain di Indonesia, berikut beberapa di antaranya:

1. Cristian "El Loco" Gonzales
Gonzales banyak belajar Islam dari istrinya, Eva Nurida Siregar. Mereka bertemu di Chile dan menikah pada 1995.
Pada 2003, pasangan itu kemudian hijrah ke Makassar. El Loco dikontrak oleh PSM Makassar. Di sana lah dia banyak belajar tentang Islam dan pada 9 Oktober, Gonzales menjadi muslim dengan nama Mustafa Habibi.

2. Danilo Fernando
Langkah Gonzales rupanya diikuti oleh rekan setimnya saat membela Persik Kediri, Danilo Fernando. Windy Fitria Marzuki, merupakan salah satu alasan pria Brasil ini rela pindah keyakinan.
Danilo masuk Islam pada 24 Januari 2008 atau empat hari sebelum mempersunting sang istri. Danilo pun punya nama Islam, Muhammad Danilo Fernando.

3. Marcio Souza
Mantan pemain Persib Bandung ini menjadi muallaf ketika membela Semen Padang pada 2009. Kondisi sosial masyarakat di Ranah Minang yang kental dengan ajaran Islam membuat pria asal Brasil ini tertarik mempelajari agama yang disebarkan oleh Nabi Muhammad tersebut.
Selain itu, Marcio juga mengaku banyak mendapat masukan dari rekannya di Tim Kabau Sirah yang sudah lebih dulu memeluk Islam, Antonio Claudio.

"Saya sering melihat Antonio sholat, dia tidak pernah ketinggalan. Dia juga sering curhat dan tukar pikiran soal agama,” kata Marcio yang punya nama muslim, Ahmad Marcio.

4. Patricio Jimenez
Merumput di Semen Padang pada 2004, pemain yang biasa disapa Pato ini menyunting gadis Minang bernama Novia Anggraeni dan berpindah keyakinan menjadi seorang muslim. Dari sang istri pula, Pato yang kini memperkuat klub divisi I, Persip Kota Pekalongan mendapat bimbingan mengenai ajaran-ajaran Islam.

5. Diego Michiels
Bek timnas Indonesia berdarah Belanda ini menjadi muallaf sejak 7 Februari 2013. Dia mengucap kalimat tauhid sebagai tanda masuk Islam di ruang sidang pengadilan. Saat itu, Diego sedang menjalani sidang atas kasus pengeroyokan.

Diego yang kemudian mengubah namanya menjadi Diego Muhammad mengaku masuk Islam karena sudah tertarik dengan ajarannya sejak masih tinggal di Belanda. "Sebelum ke Indonesia, saya bergaul dengan teman yang beragama Islam. Lalu, saya mulai mempelajari buku dan akhirnya memutuskan masuk Islam," tuturnya.

Selain para pemain yang disebutkan di atas, masih ada sejumlah pelaku sepakbola asing yang menjadi muallaf di Indonesia seperti Arcan
Iurie, Antonio Claudio, Javier Rocha. (one)



© VIVAbola
Share :  
Rating
KOMENTAR ANDA
  • @grd1589

    20 April 2013
    ya ud. ga usah pd ribut atuh cm brt gini. sy c g bakal pindah k'lain iman. Sy ud prcy am Yesus. sy akan tetap menjd seorg Nasrani n slalu menghargai agama lain. klo yg lain jd Islam, ya gpp. itu hak asasi manusia. santai aj. peace
  • @tumpalsilaban

    20 April 2013
    Harapan saya prestasi sepakbola Indonesia semakin maju. Salam damai... Hidup Islam hidup Kristen, Hidup Budha, Hidup Hindu.
  • @dadang_wahyu_jatmiko

    20 April 2013
    suka suka yang bikin berita lah...yang dibikin berita aja gak marah kok, malah sampean yang cman tinggal baca doank marah2....klo ga suka ga usah dibaca, dan ga usah dikomentari....
  • @herly.sutami

    20 April 2013
    Alhamdulillahh,,,,,
  • @bulai

    20 April 2013
    berita ga penting banget c, kekuranga berita yah wartawan vivanews
Kirim Komentar
Anda harus login untuk mengirimkan komentar
atau  
Belum memiliki akun VIVA? Silakan mendaftar. 
MOMENTUM
  • Info Momentum
Informasi Pemasangan :
Telepon : 021-9126 2125 / Sales
Email : Sales@viva.co.id