Geser MU, Madrid Jadi Klub Terkaya di Dunia

Manchester United vs Real Madrid
Sumber :
  • Reuters/Juan Medina
VIVAbola
Rekor Buruk Mourinho di MU
- Real Madrid sukses menggeser Manchester United dari daftar puncak klub terkaya di dunia versi majalah bisnis
Forbes
MU Mainkan Mkhitaryan Lagi, Mourinho Tidak Puas
. Los Blancos kini diklaim Forbes
Sudah Jadi Pemain MU, Pogba Masih Dibelikan Rumah Juventus
bernilai US$3,3 miliar atau setara Rp32 triliun.

MU menguasai puncak daftar klub terkaya sejak
Forbes
mengeluarkan laporan tahunan pada 2004, dan Madrid selalu menguntit di posisi kedua. Kini, untuk kali pertama sejak 2004, The Red Devils harus merelakan posisi puncak kepada El Real.


Kini, Madrid ditaksir
Forbes
memiliki nilai mencapai US$3,3 miliar atau setara Rp32 triliun. Posisi kedua ditempati MU dengan nilai US$3,17 miliar (setara Rp30,7 triliun). Selanjutnya ada Barcelona yang bernilai US$2,6 miliar (setara Rp25,2 triliun).


Secara mengejutkan Arsenal ada di posisi empat, yang ditaksir
Forbes
bernilai US$1,33 miliar (setara Rp12,9 triliun). Daftar selanjutnya adalah calon lawan Barcelona di semifinal Liga Champions musim ini, Bayern Munich dengan US$1,31 miliar (setara Rp12,7 triliun).


AC Milan menjadi klub Italia terkaya pertama di daftar
Forbes
dengan nilai US$945 juta (setara Rp9,17 triliun). Berikutnya ada Chelsea dengan US$901 juta (setara Rp8,7 triliun), Juventus US$694 (setara Rp6,7 triliun), Manchester City US$689 juta (setara Rp6,6 triliun) dan Liverpool US$651 juta (setara Rp6,3 triliun).


Forbes
mendapatkan jumlah nilai kekayaan klub-klub tersebut berdasarkan sejumlah pendapatan, seperti sponsor, hak siar televisi, penjualan tiket, lisensi, dan penjualan
jersey
serta
merchandise.


"Real Madrid secara konsisten meraih pendapatan tertinggi di antara klub-klub sepakbola lain di dunia, meski Spanyol sedang mengalami krisis ekonomi. Dengan pemain bintang seperti Cristiano Ronaldo dan pelatih Jose Mourinho, Madrid berkembang pesat di bawah kepemimpinan Presiden Florentino Perez," tulis
Forbes.
(eh)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya