RD: Saya Akan Bayar Utang kepada Timnas Indonesia

Rahmad Darmawan saat menukangi timnas Indonesia.
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVAbola - Rahmad Darmawan resmi ditunjuk sebagai pelatih timnas Indonesia U-23 yang akan tampil di SEA Games 2013. RD ingin membalas kegagalan yang dialaminya di event yang sama, 2 tahun lalu.

Pada SEA Games 2011, Indonesia yang tampil sebagai tuan rumah berhasil lolos ke final. Namun, harapan meraih medali emas kandas setelah di final Tim Garuda kalah dari Malaysia. Timnas menyerah lewat drama adu penalti usai bermain imbang 1-1 di babak normal dan perpanjangan waktu.

Arema Rela 'Peras Otak' Demi Timnas Indonesia

RD masih belum bisa melupakan kekalahan itu. Saat dihubungi wartawan, Rabu 17 April 2013, pelatih Arema Indonesia ini menganggap itu semua sebagai utang kepada timnas Indonesia.

"Saya mau menjadi pelatih lagi karena ingin membayar utang kepada Indonesia setelah 2 tahun lalu nyaris merebut kemenangan. Kami kalah adu penalti. Semoga saya bisa membayarnya di SEA Games 2013," kata RD yang telah direstui Arema untuk melatih Timnas.

Guna mewujudkan ambisi tersebut, RD berniat untuk memperbanyak jadwal uji coba para pemain. Pada 2 tahun lalu, ia sebenarnya sempat menargetkan 16 kali uji coba dengan komposisi 12 laga internasional dan 4 lokal.

TC Timnas Hari Kedua, Boaz Jalan-jalan di Pinggir Lapangan

"Namun, itu tak sesuai rencana. Sekarang, saya berharap PSSI bisa memenuhi target uji coba itu,” lanjut mantan pelatih Persija Jakarta dan Persipura Jayapura itu.

Mengenai jadwal pemusatan latihan, RD belum menentukannya. Dia mengaku masih perlu berkoordinasi dengan staf pelatih, termasuk Aji Santoso dan Satlak Prima.

"Setelah laga Arema lawan Persib, baru kemudian saya akan temui Satlak,” tutur RD yang sedang fokus mempersiapkan klubnya menghadapi bigmatch di kompetisi Liga Super Indonesia (ISL) itu. (one)

Seleksi Timnas Indonesia untuk Piala AFF Dimulai Hari Ini
Andik Vermansah saat berseragam Selangor FA

Andik Vermansyah Absen di Seleksi Timnas Tahap Kedua

Seleksi Timnas tahap kedua bakal digelar pekan depan.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016