Klub-klub Indonesia Dapat Prioritas di Liga Super ASEAN

Pemain Semen Padang, Edward Wilson Junior (kanan)
Sumber :
  • ANTARA/Arif Pribadi

VIVAbola - Musim perdana ASEAN Super League (ASL) dipastikan akan bergulir pada 2015. Tercatat 8 klub Asia Tenggara akan menjadi peserta pada musim pertama ASL nanti.

Jatah klub-klub peserta pada musim perdana akan diprioritaskan kepada negara-negara dengan pasar sepakbola yang menjanjikan di ASEAN. Thailand, Indonesia, Malaysia dan Singapura masuk dalam daftar itu.

Namun, AFF rencananya akan mengembangkan ASL menjadi 16 klub. Tak lain agar negara-negara macam Myanmar dan Laos bisa ikut berpartisipasi.

"Klub dari salah satu negara akan diberikan batasan agar membuka kesempatan pada negara-negara ASEAN lainnya," ujar Anggota AFF yang juga Wakil Presiden AFC, Prince Abdullah Ibni Sultan Ahmad Shah, pada Reuters.

Musim perdana ASL akan berjalan selama 8 bulan, sejak Februari sampai September. Tak ada sistem degradasi dalam kompetisi ini. Sedangkan juara turnamen akan ditentukan lewat babak play-off.

Keputusan AFF untukĀ  menggelar kompetisi sejak Februari sampai September bukan tanpa sebab. Ini agar menghindari bentrok dengan Liga Champions Asia dan Piala AFC. Kalender pertandingan ASL akan tetap menyesuaikan dengan kalender FIFA.

AFF menegaskan Liga baru ini tidak akan mematikan liga-liga domestik ASEAN. Malah, AFF mengatakan klub-klub akan diuntungkan karena ada sistem bagi hasil keuntungan bagi klub yang berpartisipasi.

Pembicaraan lebih lanjut rencananya akan dilakukan pada 2 Mei mendatang. "Pada pemilihan presiden AFC baru pada kongres di Kuala Lumpur nanti "AFF sudah setuju untuk mengembangkan konsep ASL bersama (agensi pemasaran) World Sport Group untuk dipresentasikan ke AFC," tambah Prince Abdullah.

Sebelumnya, ASEAN sebenarnya juga pernah menggelar kompetisi antarjuara di regional Asia Tenggara. Kompetisi itu hanya berlangsung selama dua edisi.

Arema Rela 'Peras Otak' Demi Timnas Indonesia

Pada jilid I, Indonesia diwakili oleh Petrokimia Putra (2003). Sedangkan dua tahun kemudian, Indonesia gagal mengirimkan wakil setelah Persebaya Surabaya mengundurkan diri karena padatnya jadwal kompetisi. (one)

Andik Vermansah saat berseragam Selangor FA

Andik Vermansyah Absen di Seleksi Timnas Tahap Kedua

Seleksi Timnas tahap kedua bakal digelar pekan depan.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016