Rahmad Darmawan Resmi Tangani Timnas SEA Games

Rahmad Darmawan saat menukangi timnas Indonesia.
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy
VIVAbola -
Andik Vermansyah Absen di Seleksi Timnas Tahap Kedua
Rahmad Darmawan akhirnya resmi menjabat sebagai pelatih kepala tim nasional Indonesia U-23 yang akan tampil di SEA Games 2013 Myanmar. Keputusan ini berdasarkan surat yang dikirimkan oleh Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI).

Arema Rela 'Peras Otak' Demi Timnas Indonesia

Nama RD memang sudah difavoritkan sejak bulan lalu. Satlak Prima selaku penanggung jawab dan pelaksana pemusatan latihan nasional (pelatnas) cabang olahraga kejuaraan multievent saat itu sudah menargetkan RD dan Aji Santoso sebagai duet pelatih Timnas U-23.
TC Timnas Hari Kedua, Boaz Jalan-jalan di Pinggir Lapangan


Namun, itu sempat mengambang karena belum ada putusan akhir dari PSSI. Kepastian itu akhirnya didapat setelah Satlak Prima menerima surat bernomor 778/udn/395/IV-2013 yang keluar pada 16 April 2013 dan ditandatangani oleh Sekjen PSSI, Hadiyandra.


"RD dan Aji disetujui untuk melatih Timnas Indonesia U-23. RD jadi pelatih kepala, sedangkan Aji jadi asisten," ujar Kasatlak Prima, Surya Dharma, saat ditemui di Kantor Satlak Prima, Kemenpora, Senayan, Jakarta, Selasa 16 April 2013.


Karena persiapan yang terbilang mepet, Satlak Prima langsung meminta RD dan Aji untuk menggodok nama-nama yang akan dipanggil masuk pelatnas SEA Games.


"Setelah itu baru kami mengeluarkan Surat Keputusan (SK) Timnas SEA Games cabang sepakbola. SK itu ditandatangani oleh Dewan Pelaksana Prima yang dijabat Tono Suratman," lanjutnya.


PSSI rencananya akan menggelar rapat dengan Badan Tim Nasional (BTN) pada Kamis 18 April 2013. Salah satu agenda pembahasan utama memang penetapan pelatih untuk Timnas U-23 nanti.


"Pada rapat nanti akan ditentukan siapa-siapa saja pelatih Timnas oleh Ketua BTN, Pak La Nyalla Mattalitti. Tapi, yang utamanya adalah Timnas U-23 karena sudah diminta Satlak," ujar salah satu Komite Eksekutif PSSI, Tony Aprilani.


"Tapi, kalau penetapan saat ini, jujur saya belum tahu. Nanti tunggu setelah rapat saja biar lebih enak."


RD dan Aji sebenarnya bukan sosok baru di Timnas U-23. Pada SEA Games 2011 lalu, mereka berhasil membawa Indonesia lolos sampai babak final sebelum ditundukkan Malaysia lewat drama adu penalti. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya