Krisis Stadion Hantui Brasil Jelang Piala Konfederasi 2013

Stadion Maracana
Sumber :
  • news.bbc.co.uk
VIVAbola
Ledakan Terjadi di Lintasan Balap Sepeda Olimpiade 2016
- Lebih dari setengah juta tiket sudah terjual untuk Piala Konfederasi Juni nanti. Namun, tuan rumah Brasil gagal menyelesaikan stadion-stadionnya pada tengat waktu yang diberikan FIFA jelang turnamen persiapan untuk Piala Dunia 2014 itu.

Pele Batal Nyalakan Obor Olimpiade 2016

Sebelumnya, FIFA meminta enam stadion yang disiapkan buat Piala Konfederasi 2013 bisa selesai pada Desember lalu. Tapi akhirnya diundur sampai 15 April. Meski sudah diberikan perpanjangan waktu, menurut
2 Kali Gagal Menang, Dunga Minta Brasil Tampil Lebih Ngotot
O Globo , Brasil baru bisa menyelesaikan tiga stadion saja.


Kota Belo Horizonte, Fortaleza dan Salvador telah menyelesaikan pembangunan mereka dan stadion pun sudah siap. Sementara kota Recife baru akan membuka Arena Pernambuco pada hari Minggu ini, satu hari jelang tengat waktu FIFA.


Di Brasilia, 5.000 pekerja bekerja siang dan malam untuk menyelesaikan Mane Garricha National Stadium. Pemasangan kursi dan drainase lapangan pun masih jadi fokus pekerjaan stadion yang dibangun dengan dana $500 juta itu.


Stadion di ibukota Brasil ini akan jadi stadon termodern di negara juara lima kali Piala Dunia tersebut. Harganya yang selangit juga membuatnya jadi stadion termahal dari 12 stadion yang disiapkan untuk Piala Dunia 2014.


Brasil akan menghadapi Jepang pada laga pembuka Piala Konfederasi, 15 Juni mendatang. Ini akan jadi tes pertama negara Amerika Selatan itu sebelum menjadi tuan rumah dua kalender olahraga nasional, Piala Dunia 2014 dan Olimpiade dua tahun berselang.


Masalah terbesar jelang Piala Dunia tahun depan adalah proses pemugaran stadion terbesar di Brasil yang dibangun untuk Piala Dunia 1950, Maracana di Rio de Janeiro. Lapangan dan kursi sudah siap. Namun, pemasangan atap dan akses jalan menuju proyek seharga $400 juta itu baru dijalankan.


Kabar bagusnya, stadion yang pernah diisi oleh 199.000 penonton lebih itu tidak akan digunakan pada Piala Konfederasi Juni nanti. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya