Rodgers Ingin Liverpool Tiru Sukses Dortmund

Brendan Rodgers
Sumber :
  • REUTERS/Phil Noble

VIVAbola – Manajer Liverpool, Brendan Rodgers, berharap timnya bisa mencontoh sukses Borussia Dortmund. Sempat dilanda krisis keuangan beberapa tahun lalu, klub Jerman itu kini kembali dipandang sebagai salah satu tim yang disegani di Eropa.

Datangkan Mkhitaryan, MU dan Dortmund Berselisih?

Tim yang bermarkas di Signal-Iduna Park itu menjadi wakil Bundesliga bersama Bayern Munich di babak semifinal Liga Champions musim ini. Menurut Rodgers, sukses Dortmund didapat melalui perjuangan, bukan dengan uang. Belanja cerdas Dortmund mengoptimalkan pemain muda, di mata Rodgers, menjadi kunci sukses tim asuhan Juergen Klopp itu untuk berbicara di level domestik dan Eropa.

“Anda bisa menjadi penantang terkuat (untuk menjadi tim empat besar) tanpa menghabiskan tanpa menghabiskan £80 juta dalam satu musim panas,” kata Rodgers dikutip dari Sport Review.

Rodgers menilai, tidak ada cara instan untuk membentuk pemain muda. Setidaknya, dibutuhkan lebih dari tiga musim untuk mengasah kemampuan para pemain bisa bertanding di level Eropa.

“Contoh Dortmund; tim yang pernah memenangkan Liga Champion, kemudian harus berjuang secara finansial. Mereka membutuhkan waktu tiga sampai empat tahun untuk bangkit. Mereka juara Bundesliga meskipun sempat kesulitan bersaing di Eropa,” beber Arsitek asal Irlandia Utara itu.

Musim ini, Rodgers menuturkan, Dortmund berada di puncak kesuksesan, terutama di Eropa setelah berhasil menembus babak semifinal. “Mereka telah berkembang pesat selama lima tahun.”

Berkaca dari sukses Dortmund, Pelatih 40 tahun itu meminta kepada fans Liverpool bersabar melihat pasang surut dalam tim. Dia tidak menyangkal, pendukung selalu melihat prestasi tim.

“Tapi bagi saya, itu lebih besar dari sukses. Ini semua tentang aspek klub. Sehingga, ketika mampu meraihnya,  Anda berada dalam posisi kuat,” ujar Rodgers menambahkan. (ren)

Goetze Balik ke Dortmund, Belum Dimaafkan Fans?
Manajer Liverpool, Juergen Klopp.

Liverpool Tunjuk Direktur Sepakbola untuk Pertama Kali

Klopp menginginkan posisi itu untuk mengurangi beban kerjanya.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016