Pilih Tim Anda
Daftar

Koleksi Gelar Liga Champions Tim Semifinalis

Tahun berapa sajakah 4 tim ini menjadi juara?
Jum'at, 12 April 2013, 15:44 WIB
Luzman Rifqi Karami
Klub
Para pemain Real Madrid (REUTERS/Osman Orsal)
VIVAbola - Perhelatan semifinal Liga Champions dipastikan akan berjalan dengan menarik. Pasalnya empat tim semifinalis sudah pernah menjadi juara. Jika ditotal, keempat tim ini sudah merebut 18 trofi "Si Kuping Besar".

Real Madrid adalah tim semifinalis terbanyak yang pernah juara. Mereka juga tercatat sebagai tim yang paling banyak juara di turnamen ini, yakni 9 kali.

Di bawah Madrid ada Barcelona dan Bayern Munich yang sama-sama sudah merebut 4 gelar. Sementara itu Borussia Dortmund baru satu kali merebut gelar juara.

Tahun berapa sajakah tim-tim tersebut merebut gelar Liga Champions? Berikut ulasannya:

Real Madrid

Madrid adalah tim tersukses sepanjang sejarah perhelatan European Cup dan Liga Champions. Saat masih bernama European Cup, Los Blancos berhasil menjadi juara berturut-turut dalam 5 penyelenggaraan pertama.

Dimotori sang legenda, Alfredo Di Stefano dan Ferenc Puskas, Madrid menjadi juara pada musim 1955-56 hingga 1959-60. Madrid merebut trofi keenamnya pada musim 1965-66 dengan mengalahkan Partizan Belgrade 2-1 di partai final.

Setelah itu, Madrid cukup lama puasa gelar. Mereka baru bisa kembali merebut gelar ini saat sudah bernama Liga Champions pada 1997-98. Gol tunggal Predrag Mijatovic sudah cukup memastikan gelar ketujuh Los Blancos.

Awal milenium menjadi berkah tersendiri bagi Madrid. Mereka sanggup menambah trofi mereka pada musim 1999-00 dan 2001-02. Kemenangan 2-1 atas Bayer Leverkusen di final 2001-02 adalah kali terakhir Madrid merebut trofi "Si Kuping Besar".

11 tahun sudah waktu yang cukup lama bagi Madrid puasa gelar. Kini di tangan Jose Mourinho, mereka berambisi besar merebut La Decima atau gelar ke-10.

Barcelona
Barcelona baru merasakan gelar Liga Champions pada musim 1991-92, saat itu masih bernama European Cup. Setelah melalui masa perpanjangan waktu, El Barca menaklukkan Sampdoria 1-0.

Barcelona menjadi tim yang begitu ditakuti dalam satu dekade terakhir. Tiki-taka yang menjadi ciri khas dan juga penampilan sang megabintang, Lionel Messi membuat mereka begitu konsisten di Liga Champions, dimulai dengan gelar kedua pada musim 2005-06.

Dua gelar Barcelona lainnya diraih pada musim 2008-09 dan 2010-11. Dalam dua partai final itu, Barcelona selalu bertemu Manchester United. Hasilnya, Los Alzugranas menang 2-0 dan 3-1.

Bayern Munich
Masa kejayaan Bayern Munich di Liga Champions terjadi pada musim 1973-74 hingga 1975-76. Dengan pemain-pemain seperti Karl-Heinz Rummenigge, Gerd, Mueller, dan Franz Beckenbaeur, Bayern sukses merebut gelar sebanyak tiga kali berturut-turut.

Setelah itu, raksasa Bavaria kesulitan untuk kembali menunjukkan tajinya di Eropa. Mereka baru bisa kembali juara pada musim 2000-01. Die Roten mengalahkan Valencia 5-4 lewat adu penalti, setelah bermain imbang 1-1 selama 120 menit. Itulah gelar terakhir Bayern di Liga Champions.

Bayern sebenarnya sempat melaju ke partai final pada musim 2009-10 dan 2011-12 lalu. Namun Inter Milan dan Chelsea sukses mengganjal ambisi mereka.

Borussia Dortmund
Di antara 3 semifinalis lainnya, Dortmund bisa dikatakan tim yang paling minim pengalaman. Mereka baru sekali menjadi juara Liga Champions, yakni pada 1996-97. Itu juga menjadi satu-satunya partai final Die Schwarzgelben.

Olympiastadion di Munich menjadi saksi kehebatan Mathias Sammer dan kawan-kawan. Dortmund yang ditangani Ottmar Hitzfield sukses menundukkan raksasa Italia, Juventus dengan skor 3-1. (umi)


© VIVAbola
Share :  
Rating
KOMENTAR ANDA
Kirim Komentar
Anda harus login untuk mengirimkan komentar
atau  
Belum memiliki akun VIVA? Silakan mendaftar. 
MOMENTUM
  • Info Momentum
Informasi Pemasangan :
Telepon : 021-9126 2125 / Sales
Email : Sales@viva.co.id