VIVABOLA

Jadi Penyerang, Penampilan Hamka Hamzah Dipuji Pelatih

Hamka dipaksa jadi penyerang pada laga melawan Persiba.
Jum'at, 12 April 2013
Oleh : Muchamad SyuhadaIkram (Balikpapan)
Hamka Hamzah
VIVAbola - Mitra Kukar selangkah lagi menasbihkan diri sebagai raja Borneo. Persisam Putra Samarinda adalah lawan terakhir sebelum tim asal Tenggarong, Kukar itu laik disebut penguasa Kalimantan. Dua tim asal tetangga sudah merasakan bagaimana ampuhnya racikan Stefan Hansson.

Terakhir, Mitra Kukar menjungkalkan Persiba Balikpapan dua gol tanpa balas lewat drama menegangkan yang terjadi selama 90 menit. Menjamu Persiba di kandang sendiri, Stadion Aji Imbut, Kamis, 11 April 2013, Hansson sebenarnya sedikit melakukan percobaan. Pelatih asal Swedia itu mendorong Hamka Hamzah jauh ke depan.

Hamka yang biasanya berposisi sebagai bek tengah "dipaksa" bermain sebagai striker. Hasilnya cukup membuat senyum Hansson mengembang, Hamka menyumbang assist untuk gol pertama yang dilesakkan Esteban Herrera.

Hansson menyebutkan, dia tak punya pilihan lain. Striker yang dia miliki terbatas. Jajang Mulyana bermasalah, jadi Hamka yang dulunya pernah berposisi sebagai striker didorong bermain ke depan.

Sebelumnya, dia juga sudah melakukan simulasi dengan Hamka sebagai striker di sesi latihan. Hasilnya cukup menggembirakan. Hansson menganggap bahwa Hamka bermain bagus di semua posisi.

"Opsi ini sudah dicoba dalam latihan. Hanya sekali ini Hamka bermain di depan," kata dia.

Kemudian, di laga selanjutnya melawan Persisam Putra Samarinda, Hamka akan kembali ke posisi aslinya di belakang. Formasi seperti yang dia mainkan tadi hanya untuk situasi darurat. "Hamka bisa menyesuaikan diri. Tapi, dia tak akan di posisi itu terus," kata dia.

Hansson menuturkan, timnya bermain cukup bagus di laga melawan Persiba. Mereka menguasai jalannya pertandingan. Absennya Zulham Zamrun dan Jajang tak mempengaruhi permainan tim. Yang jelas, kata dia, selama timnya menang, maka dia senang dengan pilihan formasi yang dimainkan. (sj)
TERKAIT
TERPOPULER