Basel ke Semifinal Setelah Singkirkan Tottenham

Basel vs Tottenham Hotspur
Sumber :
  • Reuters

VIVAbola - Basel secara mengejutkan lolos ke semifinal Europa League setelah menang 4-1 dalam drama adu penalti atas Tottenham Hotspur di babak perempat final, Kamis 11 April 2013 (Jumat dini hari WIB).

Bertanding di St. Jakob Park, Spurs sebenarnya mendominadi jalannya pertandingan. Di menit 23 mereka membuka keunggulan lewat Clint Dempsey yang memanfaatkan kesalahan bek Aleksandar Dragovic.

Namun keunggulan mereka tak bertahan lama, empat menit kemudian tim tuan rumah bisa menyamakan kedudukan lewat Mohamed Salah setelah menerima umpan Marco Streller. Gol tersebut membuat kepercayaan diri Basel meningkat. Mereka terus-terusan menyerang pertahanan Spurs. Namun hingga jeda skor tidak berubah.

Memasuki babak kedua, Basel tidak mengendurkan serangan. Akhirnya di menit 49 mereka bisa unggul lewat sundulan Dragovic yang memanfaatkan sepak pojok. Sudsh unggul 2-1 membuat Basel berkonsentrasi untuk bermain bertahan.

Sebaliknya kini gantian Spurs yang menyerang. Hasilnya sembilan menit sebelum babak kedua usai The Lilywhites bisa mencetak gol lewat Dempsey yang memanfaatkan umpan tendangan bebas Tom Huddlestone.

Namun memasuki injury time, petaka terjadi bagi Spurs, Jan Vertonghen harus mendapatkan kartu merah karena menekel keras Streller. Hasil 2-2 di 90 menit membuat laga harus dilanjutkan dengan babak tambahan. Diketahui di pertemuan pertama kedua tim juga bermain imbang 2-2.

Spurs yang bermain dengan 10 orang tampak kesulitan mengimbangi permainan Basel. Beruntung kiper Brad Friedel tampil luar biasa dan beberapa menggagalkan peluang emas dari Alexander Frei. 2x15 babak tambahan kedua tim tidak mampu menambah gol dan laga pun dilanjutkan di babak adu penalti.

Basel yang mendapatkan kesempatan pertama bisa mencetak gol lewat Fabian Schar. Sebaliknya penendang pertama Spurs, Tom Huddlestone gagal menjalankan tugasnya.

De Boer Diminta Selamatkan Inter Usai Dibantai Tottenham

Streller yang menjadi algojo kedua Basel juga melakukan tugasnya dengan sempurna. penendang kedua Spurs, Gylfi Sigurdsson membuat skor menjadi 2-1. Begitu juga dengan Fabian Frei dari Basel. Kesialan Spurs terjadi ketika tendangan Emmanuel Adebayor melambung tinggi. Kemenangan Basel akhirnya ditentukan lewat tendangan penalti Marcelo Diaz.

Susunan pemain:

Basel: Sommer, P Degen, Schar, Dragovic, Park, El Neney, Die (59' Marcelo Diaz), Salah (111' Alexander Frei), F Frei, Stocker (70' Markus Steinhofer), Streller

Tottenham Hotspur: Friedel, Walker, Dawson, Vertonghen, Naughton (79' Benoit Assou-Ekotto), Dembélé (59' Thomas Carroll), Parker (77' Tom Huddlestone), Holtby, Dempsey, Sigurdsson, Adebayor.

Tottenham Hotspur

Musim Depan, Spurs Masih Lebih Baik dari Liverpool

Spurs sudah membuktikannya di musim 2015/2016 lalu.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016