Menpora: Kekalahan 0-8 Persibo Memalukan

Waketum Demokrat, Roy Suryo.
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy
VIVAbola
AFC Cup: Semen Padang Incar Posisi Juara Grup
- Kekalahan telak Persibo Bojonegoro saat bertandang ke markas Sun Hei SV sampai ke kuping Menteri Pemuda dan Olahraga, Roy Suryo. Hasil 0-8 itu dinilai telah memalukan nama Indonesia di pentas sepakbola Asia.

AFC Cup, New Radiant Hujani Gawang Persibo 7 Gol

Pada laga di Mongkok Stadium, Selasa 9 April 2013, gawang Persibo dibombardir oleh Mamadou Hady Barry ( menit ke-3, 12', 39'), Liang Zicheng (6', 48'), Leung Tsz Chun (31, 37), dan Roberto Orlando Afonso Junior (16'). Ironisnya, laga harus berhenti di menit ke-65 setelah hanya enam pemain Persibo yang bertahan di lapangan.
Resmi Cerai Ria Ricis Curhat Gak Pernah Dibela, Singgung Teuku Ryan?


Persibo berangkat hanya dengan 12 pemain ke Hong Kong. Stok pemain cadangan itu pun habis saat Didik Bagus Triyono menggantikan Totok Wahyu Setiawan pada menit ke-40. Pada babak kedua, lima pemain Persibo tak bisa melanjutkan laga karena cedera.


Karena tinggal enam pemain, wasit Chaya Mahapab pun menghentikan pertandingan. Karena peraturan menentukan bahwa satu tim membutuhkan setidaknya tujuh orang untuk bermain.


"Pemerintah menyesalkan kejadian itu terjadi. Itu yang jelas sangat memalukan. Pemerintah kecewa soal kasus yang menimpa persibo. Jangan sampai ada tuduhan pengaturan skor atau apapun," ujar Roy menanggapi kekalahan telak Persibo.


"AFC katanya akan melakukan investigasi. Sedangkan kami akan tanyakan ke PSSI soal tragedi ini. Karena hal ini tidak elok dalam sepakbola Indonesia. PSSI juga harus bertanggung jawab dan menjelaskan menyangkut hal ini," ucapnya.


Persibo sendiri gagal memberangkatkan skuad lengkap ke Hong Kong karena masalah finansial yang menerpa juara Piala Indonesia 2012 lalu itu.


Namun, Menpora menyatakan belum akan memberikan dana bantuan lewat Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI). Padalah, Persibo masih akan satu kali lagi bertandang ke Myanmar, markas Yangon United.


"Belum. Belum ada pembicaraan kerjasama dengan BOPI. Kami ingin berbicara dengan PSSI lebih dulu. Yang pasti ini amat memalukan," kata Roy menjelaskan. (eh)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya