Fakta Mengesankan PSG Vs Barcelona

PSG vs Barcelona
Sumber :
  • Reuters

VIVAbola - Paris Saint-Germain (PSG) mengusung dua misi utama saat bertandang ke Camp Nou menghadapi Barcelona di pertandingan leg 2 babak perempat final Liga Champions, Rabu 10 April 2013 (Kamis dinihari WIB). Kemenangan di laga nanti akan menjadi sejarah tersendiri bagi PSG.

Klub kaya Prancis milik Qatar Investment Authority (QIA) tersebut memang berambisi memetik kemenangan demi memuluskan langkah menuju ke semifinal. Itu memang bagian dari ambisi meraih gelar Liga Champions musim ini sekaligus yang pertama bagi mereka.

Sejak berdiri pada 1970, PSG belum sekalipun menjuarai kompetisi paling bergengsi di Eropa ini. Pencapaian terbaik PSG di kancah Eropa adalah kala memenangi Piala Winners pada 1996.

Dengan hasil imbang 2-2 di laga 1, pekan lalu, Zlatan Ibrahimovic dan kawan-kawan harus memetik kemenangan di laga nanti demi memuluskan ambisi. Target meraih kemenangan juga menjadi ambisi PSG menghapus rekor buruk tim-tim Prancis di Camp Nou. 

Pasalnya, belum ada klub Prancis yang sanggup mengalahkan Barcelona di Camp Nou di ajang Liga Champions. Dari lima pertemuan dengan tim Prancis, Barcelona memetik empat kemenangan dan satu hasil imbang di stadion kebanggaan mereka tersebut.

Kebetulan, satu-satunya tim yang bisa menahan imbang Barcelona di Camp Nou hanya PSG pada Liga Champions musim 1994-1995. Keduanya bermain imbang 1-1. Barcelona pernah kalah dari tim Prancis hanya di ajang Piala Winners melawan Metz pada 1984 silam.

Bekal Penting PSG
Bertandang ke Camp Nou, PSG memiliki kepercayaan diri tinggi bisa menyingkirkan Barcelona yang menjadi pihak paling diunggulkan. Kepercayaan diri para pemain PSG bukan tanpa alasan. Berikut ini data dan fakta PSG di ajang Liga Champions seperti dilansir Eurosport:

1. PSG tidak terkalahkan di tujuh pertandingan terakhir di Liga Champions. Ini prestasi terbaik kedua Les Parisiens di ajang Liga Champions. Sebelumnya, PSG tercatat tidak terkalahkan di delapan laga Liga Champions musim kompetisi 1994-1995.

2. PSG hanya menelan dua kekalahan dari tujuh laga tandang dengan tim-tim Spanyol. Mereka meraih empat kemenangan melawan Real Madrid, Deportivo La Coruna, Sevilla dan Valencia. Serta satu hasil imbang melawan Barcelona.

3. PSG musim ini memenangi tiga laga tandang terakhir di Liga Champions. Yaitu saat melawan Dinamo Zagreb, Dynamo Kiev di babak penyisihan dan Valencia di babak 16 besar. PSG bahkan mampu mencetak dua gol di setiap laga tersebut.

4. Jumlah 19 gol yang dicetak PSG di Liga Champions musim ini tercipta dari dalam kotak penalti. Ini jumlah paling banyak yang bisa diraih tim-tim lainnya.

Barcelona Masih Mau Beli Striker Walau Sudah Ada MSN

5. Striker andalan PSG, Zlatan Ibrahimovic sudah menyumbangkan enam assist di Liga Champions, musim ini. Jumlah terbanyak dari yang bisa dibukukan oleh pemain lain di ajang ini. Sehingga tidak heran jika Ibra bakal menjadi pemain kunci di laga nanti.

6. Bek PSG, Thiago Silva juga diprediksi bakal menjadi pemain kunci di laga nanti. Pasalnya, bek asal Brasil itu tercatat paling sukses dari pemain lain dalam merebut bola dari lawan (33 kali) sepanjang Liga Champions musim ini.

Catatan Fantastis Barcelona
Namun, tidak mudah bagi PSG untuk menundukkan Barcelona di Camp Nou. Apalagi, Carles Puyol dan kawan-kawan sedang dalam kondisi puncak. Ditambah mereka juga mencatatkan rekor fantastis setiap berlaga di Liga Champions, di Camp Nou dan melawan tim-tim Prancis.

Berikut catatan fantastis Barca itu:

1. Barcelona tidak terkalahkan di 20 pertandingan kandang terakhir di ajang Liga Champions (16 menang dan 4 imbang). Kekalahan terakhir Barca di Camp Nou saat ditekuk tim Rusia, Rubin Kazan 1-2 di Liga Champions musim 2009-2010.

2. Dari 11 pertemuan dengan tim-tim asal Prancis, Barcelona selalu sukses  mencetak gol. Fakta ini patut diwaspadai pihak PSG. Apalagi, Barcelona diketahui selalu sukses mencetak gol pembuka dari empat pertemuan dengan PSG sebelumnya di kancah Eropa.

3. Barcelana tercatat membukukan penguasaan bola hingga 73,7 persen di Liga Champions. Jumlah ini lebih banyak dari yang bisa dilakukan oleh tim-tim di ajang ini.

Ibra Ogah Berhubungan Intim Jelang Tanding

Catatan mengesankan kedua kubu membuat laga dinihari nanti diperkirakan bakal berlangsung sengit dan panas. Tidak bisa dipungkiri, dari empat laga perempat final yang ada, laga ini paling dinantikan karena kekuatan kedua tim dianggap relatif seimbang. Layak disimak, tim manakah yang akhirnya sukses melaju ke babak selanjutnya. (one)

BACA JUGA:

Barcelona Tak Panik Usai Dibantai Liverpool

4 "Wanita Penghibur" Langganan Pesepakbola

Lionel Messi Diragukan Bisa Perkuat Barca Vs PSG

Kalah, Real Madrid Lolos Dramatis ke Semifinal

Mourinho Catat Rekor Usai Loloskan Madrid ke Semifinal

Kisah Mourinho Melawan 50 Ribu Pemain Galatasaray

VIDEO Gol-gol Madrid Vs Galatasaray

Arti Kekalahan Madrid Bagi Ronaldo

2 Gol di Injury Time Loloskan Dortmund ke Semifinal

Lolos Dramatis, Pelatih Dortmund Nyaris Sakit Jantung

Alfred Riedl Kembali Tangani Timnas?

Apa Isi 2 "Istana" Cristiano Ronaldo

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya