Liga Champions ASEAN Dijadwalkan Bergulir Awal 2014

KLB PSSI 2013
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy
VIVAbola
Andik Vermansyah Absen di Seleksi Timnas Tahap Kedua
- Federasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF) berniat untuk menggelar Liga Champions ASEAN mulai tahun depan. Kompetisi yang akan bergulir mulai 15 April 2014 nanti bakal diikuti oleh tim terbaik dari liga-liga di Asia Tenggara.

Arema Rela 'Peras Otak' Demi Timnas Indonesia

Rencana ini terungkap dalam rapat AFF yang digelar di Pahang, Malaysia, 2-3 April lalu. Dalam acara ini, Indonesia diwakili langsung oleh Ketua Umum PSSI, Djohar Airifin Husin. Menurut Djohar, AFF menilai kompetisi selama ini masih tergolong sepi.
TC Timnas Hari Kedua, Boaz Jalan-jalan di Pinggir Lapangan


"Selama ini hanya ada Piala AFF dan SEA Games saja, setelah itu tidak ada. Karena itu, ada kesepakatan menggulirkan Liga Champions ASEAN di Februari 2014. Semoga format selesai September nanti. Waktunya akan disesuaikan dengan liga masing-masing," papar Djohar.

 

Menurut penjelasan Djohar, tim yang akan tampil pada kompetisi ini adalah para jawara dari liga-liga di Asia Tenggara. "Ini akan membuat klub-klub lebih bersemangat di kompetisi lokal," katanya.


Liga Champions ASEAN ini selain menjanjikan aroma kompetisi yang kuat juga keuntungan buat klub peserta. Klub-klub partisipan nanti akan mendapatkan bagian keuntungan dari perjanjian dengan sponsor layaknya Liga Champions di Eropa dan Asia.


Selain rencana menggelar Liga Champions ASEAN, AFF juga akan memperbanyak turnamen kelompok umur dan sepakbola wanita.


"Tidak hanya itu, tahun ini juga akan banyak kegiatan. Timnas U-16 akan bertanding di Myanmar, September nanti. Timnas U-19 juga bertanding pada September nanti, kebetulan Indonesia jadi tuan rumah. Sepakbola wanita juga akan ikut turnamen di akhir tahun nanti," ujar mantan staf ahli Menpora tersebut. (one)



Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya