Laga Persija Tanpa Penonton, Jakmania Ajukan Judicial Review

Aksi Demo The Jakmania
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVAbola - Laga Persija Jakarta kontra Persiram Raja Ampat di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Sabtu 6 April 2013, dipastikan digelar tanpa penonton. Hal tersebut membuat kelompok suporter Persija, The Jakmania, berencana mengajukan judicial review ke Mahkamah Konstitusi.

Pihak kepolisian memang mengizinkan laga Persija melawan Persiram digelar di SUGBK. Namun, pertandingan ini hanya boleh digelar tanpa kehadiran penonton. Keputusan tersebut membuat Jakmania kecewa.

"Polda Metro Jaya sebenarnya tidak keberatan laga ini dihadiri penonton. Tapi, rekomendasi dari Polres Jakarta Pusat ternyata tidak mengizinkan pertandingan ini digelar dengan kehadiran suporter," kata Sekjen The Jakmania, Chairul Ichsan di Senayan, Jakarta.

Ketua Umum Jakmania Larico Ranggamone menjelaskan, pihaknya bersama panitia pertandingan sudah melakukan rapat koordinasi dengan kepolisian dalam beberapa hari terakhir. Sayangnya, ternyata izin tetap tidak turun.

"Ini sangat merugikan kami. Kami merasa seperti terhukum karena tidak boleh hadir saat Persija main di kandang. Bahkan ada rekomendasi laga Persija tidak boleh lagi main Sabtu dan Minggu, ini tentu memberatkan," ucap Larico.

Larico menegaskan, pihaknya sebenarnya siap bekerja sama dengan kepolisian untuk menertibkan masalah yang timbul. Larica juga mengatakan pihaknya akan terus berusaha memperjuangkan hak mereka untuk menonton pertandingan Persija di kandang.

Semen Padang Belum Jawab Tawaran Uji Coba dari Persija

"Kami akan mengajukan judicial review ke Mahkamah Konstitusi terkait kewenangan kepolisian dalam memberikan izin keramaian seperti yang termaktub dalam Pasal 15 ayat 2 (a) Undang-undang No 2 Tahun 2002," papar Larico.

Pemain Persija Jakarta

Jadwal Siaran Langsung TSC, 5-7 Agustus 2016

Laga-laga seru akan tersaji di pekan ke-14.

img_title
VIVA.co.id
5 Agustus 2016