VIVABOLA

Ini Skuad Terbaik pada Leg Pertama Liga Champions

Beberapa nama muda bersaing dengan pemain-pemain bintang.
Sabtu, 6 April 2013
Oleh : Anry Dhanniary
Cristiano Ronaldo (putih) saat laga Real Madrid vs Galatasaray
VIVAbola - Selesai sudah laga leg pertama babak delapan besar Liga Champions pada pertengahan pekan lalu. Laga yang mempertemukan delapan klub-klub terbaik Eropa saat ini banyak menghasilkan pemain-pemain yang mencuri perhatian.

Barcelona harus gigit jari merebut hasil imbang 2-2 meski sudah unggul dua kali di kandang Paris Saint-Germain. Juventus (0-2 Bayern Munich) dan Galatasaray (0-3 Real Madrid) terancam lolos setelah kalah telak pada leg pertama lalu. Sedangkan Borussia Dortmund dan Malaga masih imbang 0-0.

Beberapa pemain berhasil mencuri perhatian. Selain pemain-pemain bintang, ada juga pemain muda yang tampil menjanjikan. Berikut tim terbaik pada leg pertama lalu, menurut UEFA.com:

Kiper:
Willy Caballero (Malaga) 8.0 poin

Pujian menghampiri penampilan kiper asal Argentina itu usai menahan Borussia Dortmund 0-0. Tercatat dua peluang Mario Goetze di babak pertama sukses digagalkan Caballero. Peluang sang kuda hitam untuk lolos ke semifinal pun cukup terbuka.

Belakang:
Dani Alves (Barcelona) 8.5 poin

Umpan brilian Alves sukses berbuah gol pertama Barca ke gawang PSG. Dengan tempurung kaki kirinya, bek kanan Timnas Brasil itu mengirimkan umpan matang yang diceploskan Lionel Messi dengan tendangan first-time.

Thiago Silva (PSG) 7.5 poin
Sosok yang sukses membuat Messi kalang-kabut mencari ruang. Pengalaman Thiago Silva yang sudah beberapa kali menghadapi Barca menjadi salah satu keberhasilan PSG meredam tiki-taka dan memaksa skor 2-2. Bek tengah ini tanpa kompromi memotong bola secepat mungkin dari kaki Messi.

Dante (Munich) 6.5 poin
Duetnya dengan Daniel Van Buyten di jantung pertahanan Die Bavarians menyulitkan Juventus. Wakil Italia itu tidak mampu berbuat banyak menghadapi Dante yang bermain tenang dan berani.

David Alaba (Munich) 6.8 poin
Tendangan spekulasi Alaba yang berbuah gol saat laga baru berjalan 25 detik ampuh meruntuhkan mental Juve. Lepas dari itu, bek sayap ini juga terus menusuk ke pertahanan Bianconeri untuk mengirimkan umpan-umpan berbahaya.

Tengah:
Arjen Robben (Munich) 7.8 poin

Gagal merebut starting XI Bayern, Robben menunjukan kualitasnya kembali meski hanya main 16 menit. Dalam waktu singkatnya itu, winger Belanda itu meneruskan dominasi Bayern dan membuat beberapa peluang.

Ilkay Gundogan (Dortmund) 7.0 poin

Meski bukan pemain bintang, Gundogan mampu bersaing dengan Marco Reus, Mario Goetze bahkan Nuri Sahin. Baru berusia 23 tahun, gelandang kreatif itu sanggup menjadi sosok penting di tengah lini kedua Die Borussian.

Xabi Alonso (Real Madrid) 8.0 poin
Sosok gelandang jangkar ini memang krusial dalam skuad Los Blancos. Kemampuannya menghentikan permainan lawan ditambah umpan-umpan akuratnya menjadi salah satu sukses Madrid menundukan Galatasaray. Gol ketiga yang dicetak Gonzalo Higuain berawal dari tendangan bebas Alonso. Sayang, ia harus absen di leg kedua karena akumulasi kartu.

Depan:
Cristiano Ronaldo (Real Madrid) 7.0 poin

CR7 mampu membuka keunggulan Madrid di menit ke-9. Setelah itu, Galatasaray praktis tak berkutik. Pemain Portugal ini mampu memecah pertahanan Emmanuel Eboue dan Semih Kaya, sebelum berlari mengejar umpan Mesut Ozil. Peluang itu diakhir dengan chip kaki kiri melewati Fernando Muslera.

Mario Mandzukic (Bayern) 6.8 poin
Pria yang terdongkrak namanya di Euro 2012 itu kembali menunjukan kontribusinya di Bayern. Kerap menyulitkan tiga bek Juve, pemain Timnas Kroasia itu juga ada andil pada gol kedua Bayern. Umpan menyilangnya mampu dituntaskan Thomas Muller dengan mudah.

Zlatan Ibrahimovic (PSG) 6.0 poin
Penampilan Ibrahimovic saat melawan Barcelona tengah pekan lalu mungkin salah satu yang terbaik saat berkostum PSG. Meski dikurung oleh Gerard Pique, striker asal Swedia itu mampu membuat Victor Valdes bekerja keras. Ibra juga berhasil mencetak gol meski berbau offside. Adanya Ibrahimovic di lapangan membuat pemain-pemain Les Parisian tampak tak kenal lelah. (umi)
TERKAIT
    TERPOPULER