VIVABOLA

5 Pemain yang Menguasai Sepakbola Musim 2012

Beberapa nama populer masuk ke dalam daftar ini.
Selasa, 2 April 2013
Oleh : Anry Dhanniary
Cristiano Ronaldo (kiri) dan Lionel Messi

VIVAbola - Tahun 2012 adalah tahun yang cukup besar untuk sepakbola Eropa. Selain kompetisi yang ketat, ajang Piala Eropa juga tersaji di Polandia dan Ukraina. Beberapa momen penting juga terjadi, seperti rekor tak terkalahkan Juventus dan akhir dramatis Premier League.

Berikut lima sosok pemain yang sukses mencuri perhatian selama musim lalu. Mungkin anda bisa tidak setuju, namun ini lima bintang yang bersinar musim 2012 versi VIVAbola:

5. Radamel Falcao (Atletico Madrid)
Jika ada klub yang memiliki dana transfer sebesar 45 juta, maka nama Falcao pasti masuk ke dalam daftar beli mereka. Sejak bergabung dengan Atletico pada Agustus 2011, penyerang asal Kolombia itu telah mencetak 58 gol dalam 71 laga saja.

Falcao pun berhasil menyumbangkan gelar juara Liga Europa pada 2012 dan menjadi debutan tersubur buat Atletico. Catatannya musim ini pun tak kalah mengilap. Pemain 27 tahun itu sudah mencetak 28 gol dalam 32 laga di semua kompetisi.

4. Andres Iniesta (Barcelona)
Penampilan Iniesta di lini tengah Barca dianggap lebih krusial dari sang dirijen, Xavi Hernandez. Kemampuannya melakukan penetrasi, umpan sempurna dan keahliannya mempertahankan bola jadi salah satu kunci sukses Barcelona dan Timnas Spanyol dalam 2 tahun belakangan.

Pada Maret 2012, Iniesta menjadi pemain dengan catatan rekor tak terkalahkan secara beruntun paling banyak sepanjang sejarah La Liga, melewati rekor Emilio Butragueno. Ia juga meraih gelar pemain terbaik di Liga Champions musim lalu. Meski hanya memberikan Copa del Rey, Iniesta tetap menjadi salah satu pemain terbaik pada 2012.

3. Robin van Persie (Arsenal/Manchester United)
Tak ada pemain yang lebih baik di Premier League saat ini selain Van Persie. Memulai 2012 berkostum Arsenal, ia berhasil membukukan 37 gol sepanjang 2011-12.

Setelah berganti kostum menjadi MU, ketajaman penggedor asal Belanda ini pun tetap terjaga. RvP sukses mencetak 22 gol dalam 28 laga pertama dengan tim asuhan Sir Alex Ferguson. Meski sedang mandul dalam delapan laga terakhir, aksi Van Persie banyak memberikan kontribusi positif buat MU.

2. Cristiano Ronaldo (Real Madrid)
Jika seorang pemain non-striker bisa mencetak gol lebih banyak dari catatan penampilannya, jelas itu sebuah pencapaian luar biasa. Saat itulah nama Cristiano muncul.

Pada musim lalu saat memberikan gelar juara untuk Madrid, CR7 membukukan 60 gol di semua kompetisi dan meraih gelar pemain terbaik La Liga musim 2012. Dia menjadi pemain kedua tercepat yang mencatatkan 100 gol di Spanyol, dan menjadi pemain pertama dalam sejarah sepakbola Eropa yang mencetak 40 gol dalam dua musim.

Dalam Euro 2012, Timnas Portugal bisa dibilang hanya dimotori oleh Cristiano. Penampilannya saat menghadapi Belanda dan Republik Ceko mendapat pujian. CR7 pun menjadi top scorer bersama (3 gol) dengan lima pemain lainnya.

1. Lionel Messi (Barcelona)
Mungkin sebagian besar orang sudah tahu siapa pemilik puncuk daftar ini meski belum membaca beritanya. Nama Messi memang begitu digdaya selama beberapa musim belakangan, termasuk musim lalu saat hanya menyumbang gelar Copa del Rey buat Barca.

91 gol berhasil ia gelontorkan di semua kompetisi sepanjang 2012, membuatnya menjadi pemain tersubur dalam satu tahun melewati Gerd Muller. Tahun lalu memang menjadi pemecahan rekor individual untuk La Pulga. Bahkan, gelar Ballon d'Or keempat secara beruntun ikut berhasil disabet pemain asal Argentina tersebut.

Pada musim 2012-13, Messi sudah mencetak 44 gol untuk Barcelona. Mungkin dia akan terus mencatatkan rekor jika bisa menjaga performanya. Tapi untuk saat ini, pemain 25 tersebut sama sekali tidak ada saingannya. Mungkin dia akan jadi salah satu pemain terbaik dalam sejarah sepakbola. (one)

TERKAIT
TERPOPULER