Tanpa Bek Kiri Barca, Pertahanan Spanyol Kritis Lawan Prancis

Bek kiri tim nasional Spanyol, Jordi Alba.
Sumber :
  • REUTERS/Kai Pfaffenbach
VIVAbola -
Lewat Drama Lima Gol, Prancis Permalukan Belanda
Pelatih tim nasional Spanyol, Vicente Del Bosque harus memikirkan untuk memanggil tambahan bek sayap kiri jelang bigmatch melawan Prancis di Pra Piala Dunia 2014.

Italia vs Spanyol Imbang, Thailand Belum Terkalahkan

Hal ini dipicu oleh pernyataan di situs Barcelona tentang bek sayap kiri Jordi Alba yang akan absen dalam 7-10 hari ke depan akibat cedera kaki. Bek sayap kiri ini juga diragukan bisa memperkuat Barcelona di leg 1 perempatfinal Liga Champions di kandang Paris Saint-Germain, 2  April 2013. Ia telah bermain dalam 35 laga Barca sejak bergabung dari Valencia, musim lalu.
Gol Bomber Gaek Selamatkan Spanyol dari Kekalahan


Alba mengalami cedera otot di kaki kanan seusai memperkuat Spanyol melawan Finlandia di laga PPD 2014, Jumat lalu. Spanyol hanya bermain imbang 1-1 saat menjamu Finlandia.


Absennya Alba juga berefek kepada tim nasional Spanyol yang akan menantang tuan rumah Prancis dalam laga Pra Piala Dunia 2014, Selasa 26 Maret 2013. Karena bek 24 tahun ini telah menjadi bek kiri inti sejak Spanyol mempertahankan Piala Eropa 2012 lalu.


Tanpa Alba, praktis Spanyol hanya punya satu pemain berposisi bek kiri murni, Nacho Monreal (Arsenal). Pemain lain yang bisa digeser menjadi bek kiri yaitu bek serbabisa Real Madrid, Alvaro Arbeloa.


Biasanya, Arbeloa bermain di kanan. Sedangkan posisi bek tengah diisi duet Sergio Ramos dan Gerard Pique. Jika Arbeloa digeser ke kiri, maka Ramos akan bermain di kanan.


Pique bisa diduetkan dengan bek Madrid, Raul Albiol atau bek Chelsea, Cesar Azpilicueta. Jika keseimbangan lini belakang timnya tak terganggu, Del Bosque bisa memanggil bek kiri Borussia Moenchengladbach, Alvaro Dominguez sebagai cadangan Monreal.


Spanyol harus meraih poin penuh alias menang di kandang Prancis. Sang juara bertahan Piala Dunia kini tertinggal 2 poin dari Prancis di Grup I. Laga di Stade de France, Paris ini bisa menjadi penentu tim yang akan menjadi juara grup dan lolos otomatis ke Piala Dunia 2014 di Brasil. (sj)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya