VIVABOLA

Lima Pemain yang Terlanjur Dibayar Mahal

Dibayar terlalu mahal, tapi dinilai hasilnya tak sesuai harapan.
Jum'at, 22 Maret 2013
Oleh : Muchamad Syuhada
Fernando Torres
VIVAbola - Tak bisa dibantah bahwa sepakbola sudah menjadi bisnis besar di masa sekarang. Sepanjang tahun kita bisa melihat orang-orang kaya di dunia menginvestasikan uang mereka di olahraga olah si kulit bundar.

Namun, tak selama pundi-pundi uang yang digelontorkan menuai hasil yang diharapkan. Ada sejumlah pemain yang dibayar mahal tapi nyatanya mereka dianggap tampil jauh dari harapan. Siapa saja mereka?

1. Samuel Eto'o
Sekitar €20 juta atau Rp250 miliar masuk ke rekening pribadi Eto'o per musimnya. Anzhi Makhachkala tertarik memboyongnya dari Inter Milan pada 2011 dengan harapan bisa membawa klub Rusia tersebut tampil di Liga Champions.

Tapi harapan tinggal harapan, kehadiran cuma mampu mendongkrak Anzhi parkir di posisi kelima klasemen akhir Liga Rusia musim lalu. Dengan begitu mereka hanya berhak tampil di Liga Europa, itupun harus lebih dulu berlaga di babak kualifikasi.

2. Dario Conca
Penghasilannya di Guangzhou Evergrande terbilang fantastis. Conca dibayar €10.6 juta atau setara Rp133,4 miliar per musim di sana.

Lalu apa yang telah diberikannya kepada klub asal China itu? Satu trofi Liga China, Piala China dan Piala Super China. Meskipun demikian tetap saja banyak pihak memandang bayaran itu tidak sesuai karena sejatinya Conca bukanlah pemain top. Bahkan dia belum pernah meraih caps bersama timnas Argentina.

3. Kaka
Kaka adalah bagian dari era Los Galacticos jilid II yang hendak dibangun oleh Presiden Florentino Perez. Pemain asal Brasil itu datang dari AC Milan pada 2009 silam.

Sayangnya, meskipun dibayar mahal €10 juta atau setara Rp125,8 miliar per musim, sejak kedatangannya di Santiago Bernabeu, Kaka tidak mampu menunjukkan performa terbaiknya sampai sekarang. Problem cedera menjadi penyebab utama gagalnya pemain dengan nama lengkap Ricardo Izecson dos Santos Leite bersinar di Madrid.

4. Frank Lampard
Secara performa tidak ada masalah dengan Lampard. Dia masih menjadi andalan di lini tengah Chelsea serta timnas Inggris sampai sekarang.

Satu-satunya hal yang membuat mantan pemain West Ham United ini dianggap kurang pas menerima bayaran €8,8 juta atau setara Rp110,7 miliar per musim hanyalah usianya yang kini telah menginjak 34 tahun.

5. Fernando Torres
€10,8 juta atau setara Rp135,9 miliar masuk ke kocek Torres per musim. Tapi penyerang berjuluk El Nino tidak mampu membayarnya dengan penampilan apik buat Chelsea.

Bahkan karena terus tampil mengecewakan, mantan penyerang Liverpool tersebut terancam bakal dibuang dari skuad The Blues musim depan.
TERKAIT
TERPOPULER