Rahmad Darmawan Pegang Kunci Kekuatan Arab Saudi

Rahmad Darmawan dan Jacksen F Tiago
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVAbola – Arsitek tim nasional Indonesia, Rahmad Darmawan telah menganalisa permainan Arab Saudi. RD menilai tim berjuluk The Green Falcon itu mampu mengoptimalkan dengan baik lapangan tengah.

Menurut pelatih yang juga menukangi Arema Indonesia itu, kekuatan Arab Saudi tidak hanya sampai di situ. Arab Saudi juga cepat saat menyerang. Pemain belakang tim asuhan Juan Ramon Lopez Caro itu pun tidak ragu meninggalkan pertahanan saat tim naik menyerang.

“Gelandang mereka mampu menusuk dari lini tengah. Ini menjadi kekuatan utama mereka,” jelas RD yang kini menukangi Timnas bersama Jacksen F Tiago.

"Serangan mereka juga bervariasi. Bahkan, dua bek tengah mereka juga ikut bantu menyerang."

Arema Rela 'Peras Otak' Demi Timnas Indonesia

Untuk meredam agresivitas Arab Saudi, di mata RD, tidak ada cara selain bermain disiplin saat Arab mengepung jantung pertahanan. “Kami akan membuat beberapa blok di daerah tertentu di area belakang untuk meredam serangan Arab Saudi,” sambung pelatih berpangkat Mayor Marinir TNI-AL itu.

Meski demikian, RD belum mau berbicara panjang mengenai pola yang akan diterapkan saat menantang Arab Saudi. “Pola itu sifatnya hanya membantu
efisiensi pergerakan pemain dalam menghadapi lawan yang menggunakan formasi seperti apa. Sekarang, kami hanya fokus menajamkan permainan di sisa latihan yang tinggal dua hari lagi,” beber RD.

Indonesia akan menjamu Arab Saudi di laga lanjutan Pra Piala Asia 2015 Grup C, Sabtu 23 Maret 2013. Pada laga perdana di kandang Irak, Tim Merah Putih menyerah 0-1.

Melawan Arab, Indonesia selalu gagal memetik kemenangan sejak 1983 silam. Mengenai rapor buruk ini, RD menambahkan, Indonesia memiliki kesempatan untuk memperbaiki rekor buruk itu pada akhir pekan ini. Terlebih, Indonesia akan bertindak sebagai tuan rumah dalam laga yang berlangsung di SUGBK. (eh)

Andik Vermansah saat berseragam Selangor FA

Andik Vermansyah Absen di Seleksi Timnas Tahap Kedua

Seleksi Timnas tahap kedua bakal digelar pekan depan.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016