Penonton Masuk Lapangan, Latihan Timnas Terganggu

Pemain ISL Mulai Ikuti Latihan Timnas
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy
VIVAbola
Andik Vermansyah Absen di Seleksi Timnas Tahap Kedua
- Latihan timnas yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUBK), Senayan, Jakarta, Rabu, 20 Maret 2013 terpaksa berakhir lebih cepat dari jadwal semula. Pemicunya adalah aksi penonton yang merangsek ke tengah lapangan saat hujan mulai mereda.

Arema Rela 'Peras Otak' Demi Timnas Indonesia

Pantauan
TC Timnas Hari Kedua, Boaz Jalan-jalan di Pinggir Lapangan
VIVAbola , latihan timnas dimulai sekitar pukul 16.00 WIB. Hujan yang awalnya hanya gerimis lambat laun berubah menjadi deras. Meski demikian, timnas tetap melanjutkan latihannya. Duet pelatih Rahmad Darmawan dan Jacksen F Tiago tetap menemani para pemainnya.


Seperti biasa, latihan diawali dengan pemanasan. Selanjutnya, tim dibagi menjadi dua bagian dan mereka berlatih umpan-umpan pendek. Sesi latihan kemudian dilanjutkan dengan games. Dalam latihan kali ini RD-Jacksen meminta para pemainnya untuk memperhatikan kontrol bolanya. Mereka juga menekankan pentingnya pergerakan tanpa bola.


Sementara itu, Imanuel Wanggai yang cedera pagi ini masih tak mengikuti latihan. Gelandang Persipura Jayapura itu cuma berjalan-jalan di tepi lapangan bersama fisioterapis timnas Indonesia.


Di bawah guyuran hujan, latihan sebenarnya berjalan lancar. Namun saat hujan reda, suasana justru berubah ricuh saat sejumlah penonton menyerbu masuk ke tengah lapangan. Mereka ingin menyaksikan latihan Firman Utina dan kawan-kawan sedekat mungkin.


Situasi ini pun membuat para pemain tidak nyaman. "Woi, woi, woi, mundur dong. Ini penjaganya mana ini?" teriak bek Hamka Hamzah yang kesal dengan tidak disiplinnya para penonton di SUGBK. "Kalian dengar saya, latihan belum selesai. Tolong kalian mundur," kata Jacksen sembari mendatangi masyarakat yang masuk ke lapangan.


Pelatih tim nasional Indonesia lainnya, Rahmad Darmawan juga meminta secara halus agar masyakarat mundur. Namun, hal ini tak digubris. Para penonton tersebut tetap bertahan di dalam lapangan.


Akibat aksi ini, latihan timnas pun terpaksa dihentikan lebih awal. Selesai berdoa, para pemain yang tampak kesal langsung menuju bus. Namun langkah mereka sempat dihadang oleh penonton yang ingin meminta tanda tangan dan foto bersama. Setelah berhasil melepaskan diri, keduanya langsung menuju bus tanpa bersedia diwawancarai. 


Hal yang sama juga dilakukan bintang-bintang timnas lainnya. Namun sial bagi penyerang Persib Bandung, Sergio van Dijk. Pemain naturalisasi itu sempat terjebak di tengah kerumunan penonton. Dengan susah payah, Van Dijk akhirnya berhasil berlari menuju bus.


Seperti diketahui, Indonesia akan berhadapan dengan Arab Saudi, Sabtu, 23 Maret 2013. Ini merupakan penampilan kedua timnas di penyisihan Grup C Piala Asia 2015. Indonesia sampai saat ini masih berada di urutan paling buncit setelah kalah 0-1 dari timnas Irak.



Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya