3 Pemain Naturalisasi akan Melakoni Debut Berkostum Merah Putih

Sergio Van Dijk
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy
VIVAbola
Andik Vermansyah Absen di Seleksi Timnas Tahap Kedua
- Kehadiran pemain-pemain naturalisasi di tim nasional (timnas) Indonesia memang bukanlah hal yang baru lagi. Kebijakan ini telah dijalankan saat Indonesia tampil di Piala AFF 2010 lalu.

Arema Rela 'Peras Otak' Demi Timnas Indonesia

Striker Christian 'El Loco' Gonzales menjadi pemain naturalisasi pertama yang membela Tim Merah Putih. Pemain asal Uruguay tersebut resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) pada 3 November 2010.
TC Timnas Hari Kedua, Boaz Jalan-jalan di Pinggir Lapangan


Selepas El Loco, gelombang pemain-pemain naturalisasi bertambah besar. Beberapa di antaranya juga dipercaya untuk memperkuat Timnas, baik di level senior maupun U-23. Mulai dari Diego Michiels, Raphael Maitimo, Tonnie Cussel, dan Johnny Rudolph van Beukering.


Jelang pertandingan melawan Arab Saudi, Sabtu, 23 Maret 2013, kiprah para pemain naturalisasi kembali menarik untuk dinantikan. Apalagi, duel ini berpeluang menjadi debut bagi tiga dari empat pemain naturalisasi yang dinyatakan lolos seleksi oleh tim pelatih. Ingin melihat videonya silahkan
.


Berikut profil singkat pemain-pemain debutan tersebut:

Victor Igbonefo
Pemain kelahiran Nigeria, 10 Oktober 1985 itu mengawali kiprahnya di sepakbola Indonesia pada 2005 lalu bersama Persipura Jayapura. Setelah 7 tahun memperkuat Tim Mutiara Hitam, Victor pindah ke Pelita Jaya pada musim kompetisi 2012. Bek tangguh bertinggi 185 cm itu juga sempat dipinjamkan ke klub Thailand, Chiangrai United sebelum musim ini memutuskan untuk memperkuat Arema Indonesia.


Victor Igbonefo

Pada 10 Oktober 2011 lalu, Igbonefo resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Namun, dia harus menunda kiprahnya bersama Timnas akibat dualisme yang sempat melanda kompetisi dan organisasi PSSI.


Greg Nwokolo

Pemain kelahiran Nigeria, 3 Januari 1986 ini resmi menjadi WNI bersamaan dengan Igbonefo. Greg pertama kali tampil di sepakbola Indonesia pada 2004 bersama Persijatim Solo FC.

Meski sempat hijrah ke Liga Singapura pada 2005, Greg kembali ke Indonesia pada 2006. Kali ini dia memperkuat PSIS Semarang. Setelah berganti-ganti klub dalam lima tahun berikutnya, Greg sempat bermain di liga Portugal.


Acara Konferensi Pers Indonesia Super League 2011


Pada 2010 dia kembali ke Indonesia dan memperkuat Persija Jakarta. Greg juga pernah membela Pelita Jaya dan sempat dipinjamkan ke Chiangrai United sebelum akhirnya berkostum Arema Indonesia. Greg merupakan penyerang lincah yang dikenal licin di daerah pertahanan.


Sergio van Dijk

Dibanding Greg dan Igbonefo, pengalaman Van Dijk bermain di kompetisi Indonesia boleh terbilang masih hijau. Pemain berdarah campuran Indonesia-Belanda ini lebih banyak menghabiskan karirnya di Belanda dan Australia. Terakhir kali, SvD membela tim yang berlaga di Liga Australia, Adelaide United. Pemain berkepala plontos itu pernah menjadi top scorer A-League pada musim kompetisi 2010-11.


SvD mendapat kesempatan menjadi WNI karena memiliki garis keturunan Indonesia dari kakeknya. Setelah melalui berbagai proses, Van Dijk akhirnya resmi berpaspor Indonesia pada Senin, 11 Februari 2013. Tak lama berselang, Van Dijk langsung menandatangani kontrak dengan Persib Bandung dan telah mengoleksi enam gol di pentas Liga Super Indonesia (ISL) hingga saat ini. (one)



Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya