Blanco Seleksi Ketat Pemain ISL dan IPL

Pelatih Timnas Indonesia Luis Manuel Blanco
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy
VIVAbola -
Andik Vermansyah Absen di Seleksi Timnas Tahap Kedua
Tim nasional Indonesia akhirnya kembali diperkuat pemain-pemain Indonesia Super League (ISL) pada hari Kamis, 14 Maret 2013. Namun, pelatih kepala Luis Manuel Blanco menegaskan tidak ada perubahan sama sekali dalam timnas.

Arema Rela 'Peras Otak' Demi Timnas Indonesia

Sebelumnya, pelatnas Pra-Piala Asia 2015 ini hanya diisi pemain-pemain Indonesia Premier League (IPL) saja. Bahkan mereka sempat berlatih dengan lima pemain saja. Namun, perlahan skuad timnas mulai berkumpul.
TC Timnas Hari Kedua, Boaz Jalan-jalan di Pinggir Lapangan


Pilar-pilar ISL akhirnya ikut bergabung setelah diberikan izin oleh klub masing-masing. Pemain macam Jajang Mulyana, Tantan, Syamsidar, Abdul Rahman, M. Roby dan Ferdinand Sinaga sudah ikut berlatih dengan 13 pemain yang sebelumnya sudah bergabung.


Sebanyak 11 pemain ISL lainnya seperti Yosua Pahabol, Ian Louis Kabes, Ruben Sanadi, Boaz Solossa, Patrich Wanggai, Riccardo Salampesi, Emmanuel Wanggai, Ponaryo Astaman, Zulkifli Syukur, Zulham Zamrun, dan Ahmad Bustomi, juga sempat hadir di lapangan. Namun, tidak ikut latihan karena baru tiba di Jakarta.


"Latihan sama saja, meski ada pemain ISL dan IPL sama saja. Kedatangan pemain-pemain ini tak merubah metode latihan," ucap Blanco.


"Mereka harus berlatih keras dan berusaha maksimal untuk masuk tim. Tidak ada yang jamin mereka pasti terpilih. Masih ada 11 pemain di hotel. Mereka terlambat datang. Mereka istirahat dulu, besok (hari ini) baru latihan," tambah pria Argentina itu.


"Indonesia banyak pemain bagus. Tapi masih harus dilatih dalam strategi dan taktik."


Pada sesi latihan kemarin, Blanco tetap menerapkan program yang mengedepankan penyerangan. Tim dibagi dua bagian dalam setengah lapangan. Para pemain fokus dalam umpan-umpan pendek dan diselesaikan dengan kombinasi
shooting
dan sontekan.


"Kami ingin menyerang, tapi bukan berarti lupakan pertahanan," ucap Blanco.


"Latihan kali ini menekankan pada penyerangan pemain di lapangan. Mulai bagaimana mengatur dinamika pemain serta latihan dua sentuhan. Saya ingin pemain terus berlari, jangan banyak jalan." (sj)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya