VIVABOLA

Final Copa del Rey Digelar di Santiago Bernabeu

Final yang mempertemukan Madrid dan Atletico ini digelar pada 17 Mei.
Sabtu, 9 Maret 2013
Oleh : Luzman Rifqi Karami
Real Madrid vs Atletico Madrid
VIVAbola - Setelah sempat terjadi perdebatan, Federasi Sepakbola Spanyol (RFEF) akhirnya memutuskan lokasi final Copa del Rey. Laga yang akan mempertemukan dua tim asal kota Madrid, Atletico Madrid dan Real Madrid ini akan diselenggarakan di Santiago Bernabeu.

Menurut laporan Football Espana, final ini akan diselenggarakan pada hari Jumat 17 Mei 2013 pukul 21.30 waktu setempat. Ini untuk menghindari bentrok siaran dengan Eurovision Song Contest hari Sabtu dan pertandingan La Liga pada hari Minggu.

Sebelumnya sempat terjadi perdebatan mengenai venue final ini. Madrid ngotot final diselenggarakan di Camp Nou atau tempat netral lain yang punya kapasitas besar. Sementara itu Atletico ingin final digelar di kota Madrid dan sebisa mungkin di Vicente Calderon.

"Hal yang logis final dimainkan di Madrid, di stadion dengan jumlah fans terbesar yang bisa hadir," kata Sekjen RFEF, Jorge Perez.

Santiago Bernabeu sudah 35 kali menjadi tuan rumah partai final Copa del Rey. Terakhir kali stadion kebanggaan Real Madrid ini menggelar partai final adalah pada 2007. Saat itu Sevilla keluar sebagai juara setelah mengandaskan Getafe 1-0.

Madrid dan Atletico telah 4 kali bertemu di partai final pada 1960, 1961, 1975, dan 1992. Ternyata Atletico lebih dominan dengan 3 kali kemenangan. Uniknya semua laga final yang dimenangkan Atletico itu berlangsung di Santiago Bernabeu.
TERKAIT
TERPOPULER