VIVABOLA

Pelatih-pelatih Premier League di Atas Kursi Panas

Menunggu hari "penghakiman" di penghujung musim.
Jum'at, 8 Maret 2013
Oleh : Marco Tampubolon
Manajer Chelsea, Rafael Benitez

VIVAbola - Gagalnya sebuah tim yang berlaga di pentas Premier League dalam mencapai target seringkali berujung pada pemecatan pelatih. Meski musim ini belum berakhir, beberapa kursi pelatih mulai memanas. Situs www.givemefootball.com merilis setidaknya ada 6 pelatih yang terancam angkat koper pada akhir musim nanti.

Rafael Benitez
Kepindahan Benitez ke Chelsea sebenarnya sudah menimbulkan pro dan kontra di kalangan suporter The Blues. Mantan pelatih Liverpool itu menggantikan tempat Roberto Di Matteo yang sebelumnya mampu memberikan gelar Liga Champions bagi suporter Si Biru.

Hubungan Benitez dengan fans Chelsea semakin memburuk setelah pria berusia 52 tahun itu tak kunjung mampu mengangkat The Blues dari keterpurukan. Puncaknya, Benitez berbalik mengkritik fans Chelsea yang dianggap kurang mendukung timnya dan mengancam bakal hengkang Mei mendatang.

Roberto Mancini

Manchester City, Roberto Mancini" src="http://media.viva.co.id/thumbs2/2011/10/17/127537_manajer-manchester-city--roberto-mancini_250_188.jpg" alt="Manajer Manchester City, Roberto Mancini" width="250" height="188" />

Musim lalu, Mancini berhasil membawa Manchester City menjuarai Premier League. Ini merupakan trofi pertama yang mampu diraih The Citizens selama 44 tahun terakhir. Dengan gelontoran dana melimpah, Mancini berhasil menyulap timnya menjadi yang terbaik di Inggris.

Sayang, sentuhan Mancini mulai memudar musim ini. Hingga saat ini, City masih terpaut 12 poin dari rival sekotanya Manchester United. The Citizens juga telah tersingkir dari Liga Champions. Harapan terakhir ManCity adalah Piala FA, namun ini sepertinya prestasi yang terlalu kecil dan terlambat bagi pelatih asal Italia tersebut.

Harry Rendknapp dan Paul Lambert
Kedua pelatih ini memang pantas untuk waspada karena tim yang ditanganinya saat ini masih berada di zona merah degradasi. Queens Park Rangers yang ditangani oleh Rendknapp berada di dasar klasemen dengan koleksi 20 poin. Bila sampai turun kasta, QPR tentu saja akan mencari pelatih lain untuk mengangkat tim dari Championship.

Nasib Paul Lambert yang menangani Aston Villa juga tak jauh berbeda. Meski sedikit lebih baik, namun peluang Lambert terdepak juga cukup terbuka mengingat Villa masih berada di zona merah degradasi. Saat ini Villa berada di urutan 18 dengan 24 poin.

Arsene Wenger

Arsene Wenger

Sebagai pelatih kelas dunia, tak ada yang meragukan kemampuan pelatih asal Prancis ini dalam meracik strategi di lapangan. Namun kegagalan sang Profesor menghadirkan trofi dalam 8 tahun belakangan ini sepertinya akan menjadi sinyal baginya untuk angkat koper. Apalagi saat ini, di pentas Premier League, langkah Arsenal juga masih terseok-seok. The Gunners kini berada di urutan kelima klasemen sementara dan terancam tak mendapat jatah Liga Champions.

TERKAIT