Live ANTV: Lawan Persija, Persib di Atas Angin

Penyerang Persib Bandung, Sergio van Dijk (biru)
Sumber :
  • VIVANEWS/Yadi

VIVAbola - Persib Bandung kerap kesulitan saat menjamu Persija Jakarta di pentas Liga Super Indonesia (ISL). Dari empat pertemuan di kandang Maung Bandung, tuan rumah baru merebut satu kemenangan pada laga 29 Januari 2012. Sedangkan dua laga lainnya menjadi milik Persija dan satu berakhir seri.

Pada ISL musim ini, partai klasik ini akan kembali tersaji di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Bandung, Minggu, 3 Maret 2013. Sanggupkah Persib memperpanjang rekor kandangnya atas Persija?

"Target sudah pasti memenangkan sisa pertandingan kandang, termasuk lawan Persija. Bukan hanya memberikan kami peluang memperbaiki peringkat, juga jadi modal sebelum bertemu Sriwijaya nanti," kata Pelatih Persib Bandung, Djadjang Nurdjaman beberapa waktu lalu.

Wajar bila Djadjang percaya diri menghadapi partai klasik yang akan disiarkan langsung oleh ANTV pukul 15.30 WIB ini. Pasalnya, di atas kertas komposisi timnya kini lebih mentereng dari Macan Kemayoran. Hadirnya para pemain baru seperti Firman Utina, M Ridwan, dan Surapdi di awal musim plus kedatangan pemain naturalisasi, Sergio van Dijk membuat kekuatan Persib semakin lengkap.

Penampilan Maung Bandung belakangan ini juga mulai menunjukkan peningkatan. Setelah sempat mengalami dua kekalahan beruntun dalam tur Kalimantan Timur, tim kebanggaan Bobotoh itu membalasnya dengan membantai PSPS Pekanbaru 4-1  di Stadion Siliwangi, 27 Februari lalu. Kemenangan ini tentu saja bakal mengangkat moral para pemain Persib saat bersua Persija, sore nanti.

Situasi berbeda dialami Persija Jakarta. Krisis finansial yang melanda tim kebanggaan warga ibu kota ini, telah membuat sebagian pemainnya hengkang. Salah satunya adalah ikon Persija, Bambang Pamungkas yang selama ini merepotkan barisan pertahanan Persib. Seperti diketahui, selama ISL bergulir, Bepe telah mengoleksi tiga gol saat Macan Kemayoran bertandang ke markas Maung Bandung. Masing-masing dua gol saat Persija menang 3-2, 2011 lalu dan satu gol saat Persija mengalahkan Persib dengan skor sama, 2008 lalu.

Tak hanya di lini depan, kekuatan Persija di bawah mistar gawang juga jauh menurun. Tidak stabilnya penampilan kedua kiper, yakin Galih Sudaryono dan Adixi Lenzivio membuat Persija mudah kebobolan. Tercatat, hingga saat ini, Macan Kemayoran sudah 14 kali kemasukan dari 8 pertandingan. Macan Kemayoran pun harus puas berada di urutan 15 dengan koleksi hanya 8 poin.

"Persib punya banyak pemain bagus. Tapi kami memiliki para pemain muda penuh motivasi. Yang saya harapkan dari mereka adalah semangat bertanding yang tinggi dan saya optimis mereka bisa menunjukannya,” ujar Pelatih Persija Jakarta, Iwan Setiawan tak mau kalah.

Bus Persib Kecelakaan Gara-gara Rem Blong

Menurut Iwan, dia sudah menginstruksikan pemainnya untuk mengantisipasi pergerakan trisula Persib, Sergio van Dijk, Kenji Adchihara, dan Herman Dzumafo Epandi. “Ketiganya pemain berkualitas. Apalagi Sergio, kualitasnya sudah tidak perlu diragukan lagi," kata Iwan. 

Head to Head Persija vs Persib di pentas ISL:
03-03-2013 Persib - Persija: ?
27-05-2012 Persija - Persib: 2-2
29-01-2012 Persib - Persija: 1-0 
18-03-2011 Persib - Persija: 2-3 
30-10-2010 Persija - Persib: 3 – 0
25-03-2010 Persija - Persib: 2 – 2
09-01-2010 Persib - Persija: 0 – 0
10-06-2009 Persija - Persib 1 – 2 (Main di Malang)
20-07-2008 Persib - Persija 2 – 3

Prediksi Line Up
Persib Bandung
Shahar Ginanjar (g); Abanda Herman, Maman Abdurahman, Toni Sucipto, Supardi, Hariono, Firman Utina, Atep, Sergio van Dijk, Kenji Adachihara, Herman Dzumafo Epandi

Persija Jakarta:
Adixi Lenzivio (g); Fabiano Beltrame, Amarzukih, AA Ngurah Wahyu, Ismed Sofyan, Robertino Pugliara, Park Kyung Min, Syahroni, Johan Juansyah, Pedro Javier, Rahmat Afandi

Persija Jakarta Vs Persib Bandung

Dilarang Pakai Atribut, Suporter Persija Berontak

The Jakmania akan orenkan Manahan saat lawan Persib.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016