Piala Dunia 2014 Akhirnya Gunakan Teknologi Garis Gawang

Gol Frank Lampard ke gawang Jerman di Piala Dunia 2010 tidak disahkan.
Sumber :
  • The Sun
VIVAbola
Penentu Jerman Juara Piala Dunia Lelang Sepatunya
- Setelah sukses menjalani ujicoba di Piala Dunia Antarklub 2012 lalu, FIFA akhirnya setuju untuk menggunakan teknologi garis gawang (Goal Line Technology/GLT) di Piala Dunia 2014 dan Piala Konfederasi 2013 mendatang.

Presiden FIFA Sebut Messi Tak Pantas Raih Bola Emas

"Tujuan menggunakan GLT adalah untuk mendukung kinerja perangkat pertandingan dan memasangnya di seluruh stadion. Kami akan melakukan tes dengan para wasit," tulis pernyataan FIFA dalam situs resminya.
Presenter Wanita Ramai-ramai Baca Berita Piala Dunia Tanpa Busana


Saat ini, beberapa jenis teknologi GLT sudah ditawarkan oleh beberapa perusahaan besar. FIFA pun akhirnya melelang tender pada hari Kamis ini, 19 Februari 2013, yang pemenangnya bakal mempersiapkan semua kebutuhan teknis di dua kejuaraan yang akan digelar di Brasil nanti.


"Kedua penyedia teknologi GLT itu sudah mengantungi lisensi dari FIFA Quality Programme. Dan beberapa penyedia GLT lainnya masih harus melewati pengambilan lisesi sebelum ikut tender. Mereka harus melewati beberapa tes dulu," lanjut pernyataan tersebut.


Sampai saat ini, baru dua teknologi GLT yang mendapat lisensi FIFA yaitu Hawk-Eye dan GoalRef. Hawk-Eye, yang sahamnya baru saja dibeli oleh Sony Corp, sudah digunakan dalam olahraga tenis dan cricket.


Sedangkan GoalRey mengandalkan sensor magnetik di tiang gawang yang mampu membaca gerakan bola "pintar". Teknologi buatan sebuah perusahaan teknologi Denmark.


Kedua sistem akan memberikan tanda pada gelang yang digunakan wasit saat bola telah melewati garis gawang. Jeda kejadian dengan pemberian informasi itu hanya satu detik.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya