Persita Tangerang Kandidat Kuda Hitam ISL 2012-13

Persita Tangerang
Sumber :
  • Noveradika/Antara

VIVAbola - Tim promosi Persita Tangerang kembali tampil mengejutkan saat bertandang ke markas Mitra Kukar, Minggu, 17 Fabruari 2013. Sempat tertinggal 0-1 di babak pertama, Pendekar Cisadane memaksa tuan rumah Naga Mekes, bermain imbang 1-1 hingga akhir pertandingan.

Persita Sandarkan Nasib ke Tangan Bupati Tangerang

Adalah striker veteran, Cristian Carrasco yang membungkam gemuruh Stadion Aji Imbut pada menit ke-68. Memanfaatkan umpan mendatar Kim Dong Chan, mantan Spiderman merobek jala tuan rumah. Skor berubah menjadi 1-1 setelah di babak I Mitra sempat unggul lewat gol Jajang Mulyana di menit 17.

Tambahan satu poin membuat Persita kini berada di urutan ke-9 klasemen sementara dengan koleksi 9 poin dari 7 laga. Sedangkan Mitra Kukar berada di puncak klasemen dengan koleksi 16 poin.

Berstatus sebagai tim promosi, Persita memang tampil cukup mengejutkan di awal musim Liga Super Indonesia (ISL) 2012-13. Pasukan Elly Idris itu mampu meredam tim-tim besar yang dihuni banyak pemain bintang.

Pada pekan pertama, Persita mampu menahan imbang 1-1 pemegang dua gelar ISL, Persipura Jayapura. Di laga berikutnya, Persita bahkan mengalahkan Persiba Balikpapan dengan skor 3-1. Sedangkan poin lainnya didapat dari hasil imbang 1-1 melawan tim Barito Putra dan menang 2-1 atas Persiwa Wamena.

Persita merupakan tim yang terbentuk pada 9 Desember 1953. Berjuluk Pendekar Cisadane, tim dengan warna kebesaran Ungu ini sebelumnya bermarkas di Stadion Benteng, Tangerang, Banten.

Pada tahun 2000, Persita promosi ke kasta tertinggi sepak bola Indonesia atau yang dulu dikenal Liga Indonesia. Musim kompetisi 2002 merupakan era keemasan Pendekar Cisadane. Saat itu, tim kebangaan warga Tangerang ini berhasil melaju ke final Ligina.

Sayang di partai puncak, Persita yang kala itu ditangani oleh pelatih Benny Dolo dipaksa menyerah dengan skor tipis 1-2 oleh Petrokimia Putra. Pada musim ini, striker Persita, Ilham Jayakesuma tampil sebagai top scorer liga dengan koleksi 26 gol.

Sejak saat itu, penampilan Persita terus menurun. Pada musim kompetisi 2008-2009, Persita Tangerang bahkan tersingkir dari kompetisi level tertinggi Indonesia--saat itu sudah bernama ISL.

Persita baru kembali ke ISL setelah musim lalu berhasil menempati posisi kedua di pentas Liga Divisi Utama. Dengan mengandalkan pemain pemain-pemain muda seperti Ade Jantra, Hendra Bastian, Rio Ramandika, Sirvi Arvani, Ferdiansyah, Andy Dwi K, Dominggus Fakdawer, dan Rishadi Fauzi Persita coba mengarungi ketatnya persaingan di pentas ISL pada musim ini.

Kehadiran pemain muda ini dikolaborasikan dengan pemain-pemain veteran semacam Cristian Carasco yang telah merumput di Indonesia sejak 2004 serta pemain lawas Ilham Jayakesuma yang sampai saat ini juga masih tercatat dalam skuad Persita.

"Pemain muda menjadi prioritas kami, namun kami juga tetap menjaga komposisi tim tetap kompetitif saat tampil di ISL. Kami tidak ingin sekedar numpang lewat," kata Manajer Persita, Ahmed Rully Iskandar seperti dilansir beberapa media belum lama ini.  (ibk)


Biodata Persita Tangerang:
Julukan        : Pendekar Cisadane
Tahun Berdiri: 1953
Alamat         : Jl. TMP No.1 Kelurahan sukaasih Kec.Tangerang
Home Ground: Stadion Mashud Wisnusaputra, Kuningan
Suporter       : Benteng Viola
Pelatih          : Elly Idris
Pemain         :

Kiper   : Mukti Ali Raja, Yogi Triana, Reky Rahayu
Belakang: Luis Emundo Duran Riquelme, Junaidi, Firdaus Ramadhan, Ferdiansyah, Rio Ramandika, Ledi Utomo, Windu Hanggoro Putra, Adam Nurholis, Dominggus Fakdawer
Tengah : Ade Jantra Lukmana, Kim Dong Chan, Yusuf Bachtiar, Maman, Rizki Rizal Ripora, Jafad Moradi, Hendra Bastian, Sukron Makmun, Syaiful Hidayatullah, Andy Dwi Kurniawan
Depan   : Sirvi Arfani, Rishadi Fauzi, Dibyo Previan Caesario, Cristian Carrasco, Aldi Al Achya, Ilham Jaya Kesuma, Herry Herawan

Pemain PS Polri

Tim 'Gemuk' PS Polri Diresmikan

Tidak wajar, karena hanya untuk bertanding di turnamen singkat.

img_title
VIVA.co.id
16 Maret 2016