4 Rekor Gol Konyol dan Menarik

Klub Madagascar, AS Adema
Sumber :
  • tananalife.com
VIVAbola
Wenger Isyaratkan Tak Ada Bek Baru di Laga Pertama Arsenal
- Rekor gol dalam suatu pertandingan sepakbola sering terjadi. Namun, ada sejumlah rekor gol yang lucu dan menarik. Berikut ini 4 rekor gol lucu dan menarik dalam sejarah sepakbola.

Oezil Tak Berharap Jadi Kapten Jerman

1. Rekor Gol Salah Hitung
Bintang Arsenal Desak Wenger Fokus Cari Bek

Pada pertandingan Piala Skotlandia antara Dundee Harp melawan Aberdeen Rovers, 12 September 1885, terjadi peristiwa lucu. Pertandingan berakhir 35-0 untuk kemenangan Harp, namun sempat ada ketidaksepakatan antara pihak Harp dan wasit mengenai skor akhir pertandingan. Wasit menganggap Harp seharusnya menang 37-0, namun sekretaris klub Harp mengklaim mereka menang 35-0. Wasit kemudian sepakat mengambil jarak kemenangan terkecil, yakni 35-0.


Pengawas pertandingan kemudian mengirim hasil laga 35-0 ke Federasi Sepakbola Skotlandia. Lucunya, manajemen Harp yakin hasil 35-0 akan menjadi rekor kemenangan terbesar sepanjang sejarah. Tapi, di hari dan kompetisi yang sama, Arbroath berhasil mengalahkan Bon Accord dengan skor fantastis 36-0. Alhasil, kemenangan 36-0 Arbroath menjadi rekor kemenangan terbesar yang bertahan hingga 2002.


Usut punya usut, Bon Accord yang harus kebobolan 36 gol tersebut ternyata bukan klub sepakbola, melainkan tim kriket yang bernama Orion Cricket Club. Federasi Sepakbola Skotlandia ternyata salah mengirim undangan kompetisi. Seharusnya yang bermain adalah Orion FC. Namun, Orion Cricket Club melihat adanya kesempatan mencoba olahraga lain dan mengubah nama menjadi Bon Accord.


2. Rekor Kemenangan 149 Gol

Rekor kemenangan Arbroath akhirnya pecah pada 31 Oktober 2002. Adalah AS Adema yang meraih kemenangan 149-0 melawan SO l'Emyrne pada pertandingan playoff Liga Madagascar. Pertandingan itu merupakan bagian dari playoff yang diikuti empat tim untuk menentukan juara Liga.


Juara liga berhasil direbut Adema setelah SO l'Emyrne ditahan imbang 2-2 oleh DSA di pertandingan sebelumnya. Di pertandingan itu, SO l'Emyrne protes karena wasit memberi hadiah penalti yang kontroversial kepada DSA. Sebagai penting protes, pemain SO l'Emyrne akhirnya terus melakukan gol bunuh diri sepanjang pertandingan saat melawan Adema di pertandingan berikutnya.


Pemain Adema hanya bisa diam melihat aksi pemain SO l'Emyrne. Sedangkan penonton akhirnya menuntut uang tiket mereka dikembalikan. Kemenangan 149-0 yang diraih Adema hingga kini masih tercatat di The Guinness Book of Records sebagai kemenangan terbesar dari dunia sepakbola.


3. Kekalahan Terburuk Arsenal

Pada Sabtu 12 Desember 1896, Arsenal yang ketika itu masih bernama Woolwich Arsenal, harus bermain di dua kompetisi berbeda dalam satu hari, yakni Football League dan FA Cup. Manajemen klub akhirnya memutuskan memainkan tim cadangan menjamu Leyton di FA Cup dan menang 5-0. Namun, tim utama Arsenal harus menyerah 0-8 dari Loughborough. Itu adalah kekalahan terbesar Arsenal di liga hingga saat ini.


4. Kekalahan Juara Liga Inggris Terburuk

Pada ajang Liga Inggris musim 1908/1909, Newcastle United sukses meraih gelar juara liga ketiga mereka. Namun, di musim itu juga Newcastle mendapat kekalahan paling memalukan. The Magpies ditekuk Sunderland 1-9 di kandang pada 5 Desember 1908. Luar biasanya, skor imbang 1-1 hingga jeda babak pertama. Itu adalah kekalahan terburuk bagi klub yang memenangi Liga di satu musim.


Kemenangan Sunderland juga menjadi kemenangan tandang terbesar dalam sejarah Liga Inggris. Sunderland memiliki rekor yang sama dengan Wolverhampton Wanderers yang mengalahkan Cardiff City 9-1 pada 3 September 1955. (adi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya