Tragedi Heysel Jadi Bahan Hinaan Tifosi Fiorentina kepada Juventini

Suporter Fiorentina menghina tifosi Juventus lewat Tragedi Heysel
Sumber :
  • Daily Mail
VIVAbola
Sudah Jadi Pemain MU, Pogba Masih Dibelikan Rumah Juventus
– Tifosi Fiorentina membuka kembali luka lama Juventus tentang tragedi Heysel. Mereka menjadikan insiden maut itu sebagai ejekan kepada suporter Si Nyonya Tua, julukan Juventus.

Diincar 2 Raksasa Italia, Isco Dibanderol Madrid Rp733 M

Seperti dilansir
Juventus Tak Menikmati Untung Besar dari Penjualan Pogba
Daily Mail , para pendukung Fiorentina melontarkan hinaan tersebut saat La Viola bertandang ke markas Juventus, akhir pekan lalu. Mereka menuliskan angka 39 di dinding pembatas tribun suporter kedua tim.


Angka tersebut tentu menjadi catatan kelam dalam sejarah Juventus. Sebanyak 39 suporter Juventus tewas dalam tragedi yang terjadi pada 29 Mei 1985 silam tersebut. Ketika itu, Juventus berhadapan dengan Liverpool dalam laga final European Cup.


Kericuhan di Stadion Heysel, Belgia, itu terjadi sebelum kickoff pertandingan dilangsungkan. Sebanyak 600 Juventini, sebutan tifosi Juventus, juga terluka lantaran ingin menyelematkan diri dari serbuan fans Liverpool.


Akibat kejadian tersebut, Asosiasi Sepakbola Uni Eropa (UEFA) menjatuhkan hukuman bagi semua klub Inggris berupa larangan mengikuti kompetisi Eropa selama lima tahun. Khusus untuk Liverpool, hukuman ditambah menjadi enam tahun.


Tercatat 14 suporter Liverpool dinyatakan sebagai tersangka dan masing-masing diganjar hukuman tiga tahun penjara. Sementara itu, terkait hinaan tifosi Fiorentina, hingga saat ini belum ada tanggapan dari Federasi Sepakbola Italia (FIGC). (ibk)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya