Lima Catatan Penting dari Laga Inggris Kontra Brasil

Inggris vs Brazil
Sumber :
  • REUTERS/Eddie Keogh
VIVAbola
Hodgson: Karir Vardy di Timnas Inggris Masih Panjang
- Inggris berhasil menundukkan Brasil 2-1 pada laga persahabatan Rabu, 6 Februari 2013 atau Kamis dini hari WIB. Bentroknya dua timnas papan atas dunia itu sangat menarik untuk dinikmati.

Operasi Kiper Muda Inggris Berjalan Lancar

Pertandingan berjalan penuh aksi. Mulai penalti Ronaldinho yang digagalkan Joe Hart, sampai tendangan
Hasil Lengkap Laga Sepakbola Internasional Tadi Malam
cannonball Wayne Rooney yang membawa Inggris unggul lebih dulu.

Fred sempat membuat kedudukan imbang saat memanfaatkan kesalahan pemain belakang tuan rumah. Tapi Frank Lampard menjadi bintang dengan mencetak gol kemenangan The Three Lions .


Jadi apa yang kita dapat dari laga yang memperingati ulang tahun ke-150 Federasi Sepakbola Inggris (FA) semalam? Berikut lima catatan penting menurut
Bleacher Sports
:


1. Performa Jack Wilshere Semakin Bersinar

Meski penalti untuk Brasil berawal darinya, penampilan Wilshere patut mendapatkan pujian.


Berkali-kali gelandang Arsenal itu kerap menyulitkan pertahanan Brasil. Tusukan Wilshere langsung ke jantung pertahanan jadi andalan. Pemain 21 tahun itu mampu memberikan dimensi lebih di lini tengah The Three Lions.


2. Oscar Patut Dipercaya Jadi Playmaker Utama

Jika Wilshere mencuri perhatian dari kubu Inggris, maka nama Oscar muncul dari tim
Selecao
. Umpan silang dan operan dari lini tengah gelandang Chelsea ini begitu akurat.


Selain itu, pergerakan Oscar begitu menawan. Pemain 20 tahun ini adalah pemain yang cerdas yang mampu dengan mudah lepas dari penjagaan lawan. Tendangan keras dari luar kotak penaltinya pun terbukti ampuh.


3. Kelemahan Inggris Ada di Jantung Pertahanan

Dalam beberapa tahun terakhir, Inggris tampak tak kurang memiliki stok bek tengah. Namun setelah era John Terry, Rio Ferdinand, Ledley King dan Jamie Carragher usai, regenerasi belum berjalan mulus.


Kombinasi Gary Cahill dan Chris Smalling tampak begitu rapuh. Gol pertama Brasil akibat kesalahan Cahill, dan Fred hampir saja menyamakan kedudukan saat keduanya lagi-lagi membuat kesalahan.


Pemain-pemain cadangan macam Joleon Lescott, Phil Jagielka dan Michael Dawson masih belum bisa memenuhi standar.


4. Seharusnya Ronaldinho Tidak Usah Dipanggil

Sebelum laga, terpanggilnya pemain terbaik dunia dua kali ini menjadi berita utama. Sayang, Ronaldinho gagal memenuhi ekspektasi.


Pemain 32 tahun itu kerap kalah cepat dari pemain lawan dan kurang kreatif. Puncaknya, eksekusi penaltinya gagal menemui sasaran. Dinho pun diganti usai babak pertama.


Dengan adanya nama seperti Oscar, Lucas dan Hernanes di skuad asuhan Felipe Scolari, sudah sepantasnya Ronaldinho tidak kembali dipanggil ke timnas.


5. Leighton Baines Lebih Meyakinkan dari Ashley Cole

Menginjak usia 32 tahun, peran Cole di skuad Timnas Inggris masih cukup sentral. Tapi penampilan Leighton Baines bisa membuat bek veteran itu tersingkir.


Penampilan bek sayap Everton itu pun cukup meyakinkan saat menghadapi Brasil. Tampil menyerang seperti seorang
winger
, sanggup melepaskan umpan silang akurat dan tendangan bebas dari jarak jauh.


Cole memang lebih baik dari sisi pertahanan, tapi Baines lebih efektif dalam ikut membantu serangan. Melihat aksinya semalam, penampilan Baines bisa disamakan dengan bek-bek Brasil yang aktif menyerang. (ibk)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya