VIVABOLA

8 Laga Klasik Inggris Vs Brasil

Ronaldinho pernah mencetak tendangan bebas cantik dari jarak 40 yard.
Rabu, 6 Februari 2013
Oleh : Edwan Ruriansyah
Ronaldinho pernah mencetak tendangan bebas cantik dari jarak 40 yard
VIVAbola - Inggris dan Brasil akan kembali bersua pada laga uji coba di Stadion Wembley, malam nanti (dini hari waktu Indonesia). Pertemuan kedua tim selalu menyajikan laga penuh gengsi.

Laga ini mempertemukan negeri yang disebut-sebut sebagai asal sepakbola yakni Inggris serta negeri penguasa sepakbola dengan lima trofi Piala Dunia.
Kedua pihak saling mengklaim sebagai "pemilik" sepakbola dunia.

Ironisnya, Inggris yang sering menyebut sebagai negeri asal sepakbola baru mampu menjadi juara Piala Dunia sekali yakni pada 1966. Pamor Inggris pun
tertutupi oleh prestasi Brasil yang telah menjadi kampiun Piala Dunia 1958, 1962, 1970, 1994 dan 2002.

Yang jelas, pertemuan antara Tim Tiga Singa melawan Tim Samba selalu menyajikan laga menarik. Berikut delapan laga klasik Inggris vs Brasil versi The Sun:

11 Juni 1958 - putaran final Piala Dunia Swedia
Inggris 0, Brasil 0

Inggris lebih difavoritkan karena memiliki para pemain Manchester United tersisa seperti Duncan Edwards yang lolos dari tragedi Munich. Sayangnya,
pertahanan solid Brasil memaksa laga berakhir tanpa gol.

10 Juni 1962 - perempat final Piala Dunia Chile
Inggris 1, Brasil 3

Gol Gerry Hitchens membawa Inggris menyamakan kedudukan sebelum turun minum. Manajer Walter Winterbottom sempat ketar ketir ketika Garrincha membuat Brasil memimpin.
Tapi, Brasil menemukan permain terbaiknya kembali di babak II. Lagi-lagi, Inggris tak bisa menghentikan aksi "Si Burung Kecil" Garrincha untuk mencetak gol kedua, dan Vava yang memastikan keunggulan Tim Samba.

7 Juni 1970 - putaran final Piala Dunia Meksiko
Inggris 0, Brasil 1

Gol kemenangan Jairzinho, tekel Bobby Moore, kegagalan Jeff Astle menyamakan kedudukan serta penyelamatan gemilang Gordon Banks dari tendangan Pele menghiasi laga besar ini. Inggris datang sebagai juara bertahan, tapi Brasil juga menjadi salah satu favorit kuat yang akhirnya benar-benar menjadi juara.

10 Juni 1984 - Uji coba di Rio de Janeiro
Brasil 0, Inggris 2

Bintang laga ini tak lain pemain sayap muda Watford, John Barnes yang melakoni debut berkostum Inggris. Gol luar biasa Barnes di babak II tercipta lewat skill individu yang biasanya justru sering dipertontonkan para pemain Brasil.
Mark Hateley mencetak gol kedua bagi Inggris. Ini juga menjadi gol pertama Hateley bagi The Three Lions, yang mencatatkan kemenangan Inggris pertama dalam sejarah di tanah Brasil.

11 Juni 1995 - Uji coba di Wembley
Inggris 1, Brasil 3

Rekor tak terkalahkan Terry Venables sebagai pelatih patah pada laga ini. Brasil pun mencatatkan kekalahan pertama bagi Inggris dalam empat tahun.
Graeme Le Saux sempat membawa Inggris unggul lebih dahulu kala laga berjalan nyaris sejam. Lalu, Juninho menyamakan kedudukan lewat tendangan bebas. Ronaldo mulai mengukir sensasi dengan mencetak gol pada laga ini, disusul Edmundo.

10 Juni 1997 - Tournoi de France di Paris
Inggris 0, Brasil 1


Romario mencetak gol kemenangan setelah mengecoh Gareth Southgate dan kiper David Seaman. Meski kalah, Inggris menjadi juara turnamen pemanasan Piala Dunia 1998 ini karena pada dua laga sebelumnya mengalahkan Italia dan Prancis.

27 Mei 2000 - Uji coba di Wembley
Inggris 1, Brasil 1


Brasil menantang Inggris yang sedang mempersiapkan diri ke Euro 2000. Tim Samba masih dibayangi kegagalan di final Piala Dunia 1998 kala dikalahkan telak 0-3 dari tuan rumah Prancis.
Michael Owen membawa Inggris unggul di babak I. Tapi, laga akhirnya imbang setelah sundulan Franca memanfaatkan sepak pojok menjebol gawang Inggris.

21 Juni 2002 - perempat final Piala Dunia 2002 di Jepang
Inggris 1, Brasil 2

Laga di Piala Dunia ini akan selalu dikenang karena kemenangan Brasil dicetak lewat tendangan bebas cantik Ronaldinho dari jarak 40 yard. Ronnie mampu memperdaya kiper David Seaman yang bergerak maju.

Padahal, Michael Owen sempat membuat Inggris unggul lebih dahulu, sebelum Rivaldo menyamakan kedudukan. Setelah mencetak gol kemenangan, Ronaldinho diusir wasit akibat melanggar bek Danny Mills.
TERKAIT
TERPOPULER