Langkah Sensasional Bradford City ke Final Piala Liga

Pemain Bradford merayakan kemenangan atas Arsenal
Sumber :
  • Reuters

VIVAbola - Final Piala Liga musim ini akan kembali diramaikan oleh tim non Premier League. Jika musim lalu tim Divisi Championship, Cardiff City yang melaju ke partai puncak, kali ini kejutan serupa dilakukan oleh Bradford City.

Langkah Bradford ini jelas di luar prediksi semua pihak. Apalagi tim berjuluk The Bantams ini hanyalah peserta League Two atau kasta keempat di sepak bola Inggris. Mereka berhasil tercatat dalam sejarah sebagai satu-satunya tim divisi IV atau League Two mencapai partai puncak Piala Liga.

Sebagai tim League Two, Bradford harus memulai Piala Liga dari babak pertama. Di babak ini mereka berhasil menyingkirkan tim League One, Notts County dengan skor tipis 1-0. Selanjutnya, tim yang menghuni peringkat 10 di League Two ini harus menghadapi Watford. Di luar dugaan Bradford berhasil mengalahkan tim Divisi Championship itu dengan skor 2-1.

Di babak ketiga langkah Bradford sedikit lebih mudah karena hanya menghadapi sesama tim League Two, Burton Albion. Tim besutan Phil Parkinson ini menang 3-2.

Tantangan Bradford sesungguhnya terjadi di babak keempat dan perempatfinal. Mereka harus menghadapi dua tim Premier League, Wigan Athletic dan Arsenal secara berturut-turut. Hebatnya, dua tim kasta teratas Inggris itu berhasil disingkirkan Bradford lewat adu penalti.

Bradford kembali harus bertemu tim Premier League, Aston Villa di babak semifinal. Secara mengejutkan mereka berhasil lolos ke partai final dengan agregat 4-3.

Di partai final yang akan berlangsung 24 Februari 2013 di Wembley, Bradford dipastikan akan kembali bertemu tim Premier League, Chelsea atau Swansea City yang baru akan memainkan leg kedua dini hari nanti. Kita nantikan saja apakah tim yang sempat merebut Piala FA pada 1911 ini sanggup melanjutkan kejutannya.

Langkah Bradford menuju final Piala Liga
Babak I
11 Agustus 2012 Notts County 0-1 Bradford City

Babak II
28 Agustus 2012 Watford 1-2 Bradford City

Babak III
25 September 2012 Bradford City 3-2 Burton Albion

Babak IV
30 Oktober 2012 Wigan Athletic 0-0 Bradford City (Bradford menang adu penalti 4-2)

Perempat final
11 Desember 2012 Bradford City 1-1 Arsenal (Bradford menang adu penalti 3-2)

Semifinal

Leg pertama: 8 Januari 2013 Bradford City 3-1 Aston Villa
Leg kedua: 22 Januari 2013 Aston Villa 2-1 Bradford City
Bradford lolos ke final agregat 4-3

5 Kisah 'Pembunuh Raksasa' Paling Fenomenal di Piala Liga
Militan ISIS

Hina Lawan 'Sarang ISIS', Fans Tim Inggris Dihukum

Hinaan itu karena Bradford ialah kota dengan komunitas Muslim tinggi.

img_title
VIVA.co.id
9 Januari 2016