Komdis PSSI Hukum 22 Pemain

Pelatih Timnas Indonesia, Nil Maizar (tengah), berbicara pada tim
Sumber :
  • ANTARA/Prasetyo Utomo

VIVAbola - PSSI Djohar Arifin Husin menghukum 22 pemain yang tidak memenuhi panggilan mengikuti Training Camp dalam menghadapi Kualifikasi Piala Asia 2015. Hukuman itu berupa larangan beraktivitas di sepakbola Indonesia selama 6 bulan plus denda sebesar Rp 100 juta.

Ke-22 pemain itu berasal klub-klub Liga Super Indonesia (ISL). Para pemain yang terhukum itu diberikan kesempatan banding selama 14 hari terhitung sejak keputusan dikeluarkan. Sanksi ini diberikan PSSI setelah Komite Disiplin mengadakan rapat di kantor PSSI, Senin 21 Januari 2012.

Langkah ini diambil setelah 22 pemain itu tidak merespon panggilan PSSI sebanyak dua kali untuk hadir dalam pemusatan latihan menghadapi Piala Asia di Medan. Keputusan PSSI menjatuhkan sanksi kepada 22 pemain tersebut telah sesuai dengan dasar Kode Disiplin PSSI 06/PO-PSSI/III/2008 Pasal 78.

Terkait langkah PSSI menghukum 22 pemain itu, Ketua Komite Disiplin PSSI, Bernhard Limbong menjelaskan, hukum tetap harus tetap ditegakkan kepada para pemain, mengingat membela Timnas merupakan panggilan negara. "Saya harus tegas. Pemain yang melanggar harus tetap diberikan sanksi," kata Bernhard.

Dia mengakui, sulit bagi para pemain bergabung dengan Timnas lantaran klub ISL tidak ingin melepas para pemainnya memperkuat Timnas Djohar. "Saya tahu mereka memiliki keinginan bermain dengan timnas. Tapi karena ada pihak ketiga yang menghalangi mereka, sulit bagi mereka untuk bergabung," ujar Bernhard.
 
Sementara itu, ikon Timnas, Bambang Pamungkas dan Irfan Bachdim, lolos dari sanksi. Menurut Wakil Komite Disiplin PSSI, Catur Agus Saptono, Bambang telah memberikan alasan belum bisa bergabung dengan Timnas. "Bambang telah kami validasi karena dia telah meminta izin untuk memenuhi tanggung jawabnya sebagai pengurus Asosiasi Pemain Profesional Indonesia (APPI)."

Daftar 22 Pemain yang Dihukum PSSI:
Fernando Pahabol (Persipura Jayapura)
Patrich Wanggai (Persipura Jayapura)
Emmanuel Wanggai (Persipura Jayapura)
Boaz Solossa (Persipura Jayapura)
Ian Luis Kabes (Persipura Jayapura)
Ortizan Solossa (Persipura Jayapura)
Lukas Mandowen (Persipura Jayapura
Ricardo Salampessy (Persipura Jayapura)
M.Ridwan (Persib Bandung)
Made Wirawan (Persib Bandung)
Ahmad Bustomi (Mitra Kukar)
Zulkifli Sukur (Mitra Kukar)
Egi Melgiansyah (Arema ISL)
Victor Igbonefo (Arema ISL)
Greg Nwokolo (Arema ISL)
Muhammad Roby (Arema ISL)
Samsul Arif (Persela Lamongan)
Tantan (Sriwijaya FC)
Fachruddin (Madura United)
Busari (Madura United)
Ronald Setmop (Persidafon Dafonsoro)
Jailani Sibi (Persidafon Dafonsoro)

Arema Rela 'Peras Otak' Demi Timnas Indonesia
Andik Vermansah saat berseragam Selangor FA

Andik Vermansyah Absen di Seleksi Timnas Tahap Kedua

Seleksi Timnas tahap kedua bakal digelar pekan depan.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016