Catatan Lengkap Premier League 2012 Dalam Angka

Sepakan Sergio Aguero sebelum ManCity juara Premier League 2012
Sumber :
  • ZIMBIO

VIVAbola - Premier League musim 2011-12 bagai sebuah musim impian bagi sepakbola, penuh drama sampai menit akhir musim.

Dari gol terbaik Papiss Cisse ke gawang Chelsea sampai gol injury time Sergio Aguero untuk membawa Manchester City merebut gelar juara liga dengan sangat dramatis.

Dikutip dari Opta Sport, VIVAbola menjabarkan Premier League berdasarkan angka.

TIM
Manchester United menjadi tim tersubur dengan 90 gol dan mereka juga menjadi tim dengan gol penalti paling banyak, yaitu sembilan kali.

Liverpool menghajar tiang gawang 26 kali, sedangkan Everton, Manchester United dan Fulham 24 kali. Secara individu, Robin van Persie paling sering menghajar tiang, sebanyak 14 kali.

Manchester City jadi tim yang paling banyak membuat tembakan ke arah gawang dengan 541 kali, sementara Liverpool di tempat kedua dengan 518 percobaan.

Manchester United menjadi tim paling banyak mencetak gol bunuh diri dengan catatan enam kali, sementara QPR dibelakangnya dengan lima gol.

Manchester United juga menjadi tim dengan operan terbanyak yaitu 22,053 kali - hampir dua kali lipat dengan milik Stoke (11,885)

PERTAHANAN
Bek Manchester City, Pablo Zabaleta, dan winger Sunderland, James McClean sama-sama menjadi pemain dengan tekel terbanyak: 86.

Kiper Sunderland, Simon Mignolet, membuat penyelamatan paling banyak dengan 140 penyelamatan diikuti kiper Newcastle, Tim Krul, 123 kali.

Gelandang Swansea, Angel Rangel, menjadi pemain yang paling sering mencuri bola dari kaki lawan dengan 104 kali, diikuti Sandro yang hanya berbeda lima kali saja.

PENYERANGAN
Gelandang Manchester United, Paul Scholes, menjadi pemain dengan umpan paling akurat. 92,81% sepakannya menemui sasaran. Pemain Swansea Leon Britton di belakangnya dengan 92.6%

Striker Reading, Pavel Pogrebnyak, menjadi pemain paling baik memanfaatkan peluang. Sebanyak 37.5% usahanya menemui sasaran. MU terbaik secara tim (19.07%) sedangkan Romelu Lukaku jadi pemain dengan tendangan akurat terbanyak (71.88%)

Penyerang Liverpool, Luis Suarez, membuat percobaan melewati pemain sebanyak 272 kali tapi hanya berhasil 100 kali. Sementara gelandang Newcaslte, Hatem Ben Arfa, membuat percobaan 193 kali dengan 100 kali berhasil.

Penyerang Manchester United, Wayne Rooney, mencetak dua gol pada delapan pertandingan sepanjang 2012. Unggul empat dari semua pemain lain.

Winger Wigan, Jean Beausejour, mengirimkan umpan silang paling banyak dengan 217 kali. Diikuti pemain West Ham dengan 212 kali.

Playmaker Manchester City, David Silva, menciptakan peluang paling banyak (108 kali) dan Juan Mata di tempat kedua (94).

LAINNYA
Kiper Everton, Tim Howard, menjadi pemain yang paling sering bermain selama 2012 (41). Winger Sunderland, McClean, dan kiper Manchester City, Joe Hart, di tempat kedua (40).

Gelandang Everton, Marouane Fellaini, membuat pelanggaran terbanyak (96). Striker Norwich, Grant Holt, di tempat kedua (87).

Pemain Everton, Steven Pienaar, paling sering dilanggar (91 kali) diikuti pemain Newcastle, Jonas Gutierrez (80).

Striker Wigan, Franco Di Santo, adalah pemain paling sering diganti (24 kali). Pemain Stoke, Matthew Etherington, ditempat kedua (20), sementara Grant Holt dan Manchester City duo, Carlos Tevez dan Sergio Aguero, diganti 17 kali.

PENCETAK GOL TERBANYAK:
Robin van Persie (Arsenal & MU) - 27
Wayne Rooney (MU) - 21
Luis Suarez (Liverpool) - 19
Sergio Aguero (ManCity) - 17
Papiss Cisse (Newcastle) - 16

PEMAIN PENGGANTI TERSUBUR:
Edin Dzeko (ManCity) - 7
Javier Hernandez (MU) - 5
Victor Anichebe (Everton) - 5
Cameron Jerome (Stoke) - 4
Jamie Mackie (QPR) - 3

OFFSIDE TERBANYAK:
Nikica Jelavic (Everton) - 48
Robin van Persie (Arsenal & MU) - 47
Grant Holt (Norwich) - 39
Papiss Cisse (Newcastle) 35
Luis Suarez (Liverpool) -  32

MU Mainkan Mkhitaryan Lagi, Mourinho Tidak Puas
Manajer Manchester United, Jose Mourinho

Rekor Buruk Mourinho di MU

Dari dua manajer sebelumnya, Mourinho memiliki rekor terburuk.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016