Rekor Sepakbola Tahun 2012 Dalam Angka

Real Madrid VS Barcelona di Piala Super Spanyol 2012
Sumber :
  • REUTERS/Juan Medina

VIVAbola - Pergantian tahun dari 2012 menuju 2013 baru saja kita lalui. Ada baiknya melirik ke belakang melihat hal-hal unik yang terjadi sepanjang tahun lalu.

Berikut daftar peristiwa di atas lapangan sepakbola sepanjang 2012 versi FIFA.com:

4: Jumlah gol yang bersarang ke gawang Gianluigi Buffon saat Italia dilumat Spanyol pada final Euro 2012 Juli lalu. Angka itu adalah margin terbesar yang pernah tercatat dalam sejarah final Piala Dunia atau Piala Eropa.

4: Swedia ketinggalan empat gol tanpa balas dari Jerman pada babak pertama laga Oktober lalu. Dengan luar biasa, Zlatan Ibrahimovic cs bisa menyamakan kedudukan dan mencuri hasil imbang di Berlin. Kejadian pertama dalam 108 tahun terakhir, dimana Jerman gagal menang setelah unggul empat gol.

5: Dominasi lima kali gelar juara Piala Dunia Antarklub yang direbut klub Eropa secara beruntun akhirnya terhenti. Corinthians secara mengejutkan menundukan Chelsea 1-0 dan kembali merebut gelar yang mereka raih 12 tahun lalu. Brasil menjadi negara paling sukses dengan empat kali mendapatkan PD Antarklub.

7: Keberhasilan Chelsea merebut Piala FA usai mengalahkan Liverpool 2-1 menjadi Ashley Cole menjadi pemain yang paling banyak mendapat gelar tersebut. Sudah tujuh medali juara FA direbut bek Timnas Inggris itu.

8: Jumlah gol dan penampilan yang dicatatkan Didier Drogba selama tampil di Wembley (termasuk pada Final Piala FA lalu), ditutup dengan rekor menjadi pemain pertama yang berhasil mencetak gol dalam empat laga final Piala FA berbeda.

16: Jumlah gol yang diciptakan Timnas Putri Amerika Serika dalam langkah menuju juara Olimpiade 2012, rekor baru dalam nomor putri. Pemain Kanada, Christine Sinclair, juga mencatatkan rekor dengan menjadi topskorer tertajam dengan enam gol di London.

16: Pemain Malaga, Fabrice Olinga, menjadi pencetak gol termuda dalam sejarah La Liga di Agustus lalu kala berusia 16 tajun dan 98 hari. Bocah Kamerun itu produk Samuel Eto'o Fondation, dan mengalagkan rekor sebelumnya 16 tahun dan 289 hari yang dibuat Iker Muniani pada 2009.

23: Kemenangan dan 15 hasil imbang membawa Juventus kembali merebut gelar Scudetto ditambah rekor tak terkalahkan sepanjang musim. Bianconeri juga menjadi tim kebobolan paling sedikit (20 saja) lebih sedikit empat dari Modena musim 1946/47, Juventus 2005/06, dan Milan 2010/11.

29: Detik adalah waktu yang dibutuhkan Oribe Peralta untuk membobol gawang Brasil pada final Olimpiade 2012 lalu. Tercatat gol paling cepat dalam sejarah turnamen FIFA.

31: Jumlah kebobolan tanpa balas yang dirasakan CS Buftea pada laga Piala Rumania September lalu. Angka tersebut tercatat jadi hasil paling buruk dalam sejarah sepakbola negara tersebut.

82: Jumlah clean sheet yang diraih Iker Casilas sepanjang tahun, memecahkan prestasi Edwin van der Sar yang mencatatkan 72 kali tidak kebobolan. Pada bulan yang sama, Mei lalu, Casillas meraih 95 kemenangan internasional, melewati rekor sebelumnya yang dipegang Lilian Thuram (Prancis).

91: Total gol yang dicatatkan Lionel Messi menutup kalender 2012 pada 22 Desember lalu. Nomor 10 Barcelona itu memecahkan rekor 85 gol milik Gerd Muller pada tahun 1971. Dia juga menjadi pemain tertajam Barca sepanjang masa melewati Cesar Rodriguez (232 gol).

310: Jumlah laga Premier League yang dirasakan Brad Friedel secara beruntun. Pemain 41 tahun itu mencatatkan rekor terpanjang dalam sejarah strata teratas Liga Inggris. Menghabiskan delapan tahun sejak 2003/04 dengan tiga klub berbeda sebelum berakhir Oktober lalu.

900: Catatan penampilan yang dibuat Ryan Giggs bersama Manchester United pada Februari lalu, 7.666 hari setelah debutnya pada Maret 1991. Saat itu dia jadi pahlawan kemenangan MU 2-1 dengan mencetak gol injury time ke gawang Norwich, pertama kali dalam karirnya. (ibk)

MU Mainkan Mkhitaryan Lagi, Mourinho Tidak Puas
Manajer Manchester United, Jose Mourinho

Rekor Buruk Mourinho di MU

Dari dua manajer sebelumnya, Mourinho memiliki rekor terburuk.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016