Perjalanan Zimbabwe ke PD 2014 Terancam Kurangnya Dana

Pemain Zimbabwe, Knowledge Musona, berebut bola dengan Kaka
Sumber :
  • FIFA.com

VIVAbola - Muncul kemungkinan pahit pada kualifikasi Piala Dunia 2014 mendatang. Zimbabwe terancam tidak bisa melanjutkan langkahnya setelah asosiasi sepakbola-nya (Zifa) mengalami kebangkrutan.

Zifa diperkirakan memiliki utang sebesar €3 juta, sekitar Rp38 miliar. Zimbabwe pun terancam tak bisa bertandang pada laga lanjutan ke Mesir, Maret 2013 nanti.

"FIFA mengatakan pada kami untuk tidak ikut serta dalam sebuah pertandingan jika punya garansi dari pemerintah atau sponsor untuk menanggung akomodasi, biaya pertandingan dan semua hal yang dibutuhkan," ujar wakil presiden Zifa, Ndumiso Gumede, seperti dilansir FIFA.com.

"Jika pemerintah tidak ikut andil dan membiayai laga melawan Mesir, kita akan menghadapi denda besar sebesar €38.000 (Rp483 juta) pada FIFA yang akan semakin membuat utang kami semakin besar," lanjutnya.

Zimbabwe akan bertandang ke Kairo pada 22-24 Maret dalam lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2014 sebelum menjamu The Pharaohs di Harare, 7 Juni 2013.

Negara benua Afrika itu sebelumnya sudah menarik seluruh tim U-20 dan U-17 dari laga internasional karena kekurangan dana.

"Jadi sejak 1 Januari, kami tidak akan ambil bagian dalam laga apapun sampai ada yang mau menanggung secara finansial. Anda bisa lihat ini semakin menyulitkan kami keluar dari hutang," tambah Gumede.

Secara peringkat, posisi Zimbabwe sebenarnya tidak buruk yaitu di peringkat 101 atau ke-26 di Konfederasi Sepakbola Afrika (CAF). Tapi timnas berjuluk The Warriors belum pernah lolos ke putaran final Piala Dunia. (ibk)

Kecelakaan Mobil Tewaskan Legenda Sepak Bola Zimbabwe
Cecil, singa paling terkenal.

Singa Paling Terkenal di Zimbabwe Tewas Mengenaskan

Cecil menjadi idola para wisatawan di sana.

img_title
VIVA.co.id
25 Juli 2015