Kilas 2012: Fabrice Muamba, "Keajaiban" di Lapangan Hijau

Fabrice Muamba mendapatkan penanganan dari tim medis
Sumber :

VIVAbola - Tahun 2012 sepertinya tak akan dilupakan oleh seorang Fabrice Muamba. Eks gelandang Bolton Wanderers ini nyaris saja kehilangan nyawanya saat berlaga di lapangan hijau. Beruntung, kesigapan dari tim medis sanggup menyelamatkan pria kelahiran Zaire ini.

Insiden mengerikan itu terjadi di babak perempat final Piala FA saat tuan rumah Tottenham Hotspur melawan Bolton Wanderers pada 17 Maret 2012. Publik White Hart Lane terdiam ketika di tengah-tengah pertandingan tiba-tiba Muamba jatuh tak sadarkan diri.

Seorang dokter ahli kardiologi yang tak lain suporter Tottenham, Andrew Deaner langsung turun dari tribun Stadion White Hart Lane untuk menolong. Bersama tim medis, Deaner membawa Muamba ke London Chest Hospital.

Muamba didiagnosis telah mengalami gagal jantung. Jantung mantan punggawa Arsenal ini bahkan sempat berhenti selama 78 menit. Namun, penanganan intensif dari tim medis dan dukungan semua pihak membuat nyawa pria yang sempat memperkuat tim Inggris U-21 ini masih bisa diselamatkan.
Fabrice Muamba di Rumah Sakit
Perkembangan kesehatan Muamba terus menunjukkan sinyal positif. Dia akhirnya diperbolehkan untuk meninggalkan rumah sakit pada 16 April 2012. Muamba mengatakan bahwa kesembuhan yang dialaminya merupakan sebuah mukjizat yang telah diberikan Tuhan kepadanya.

"Apa yang terjadi kepada saya benar-benar sebuah keajaiban," kata Muamba pada BBC.

Namun, karir Muamba sebagai pesepakbola profesional harus selesai. Setelah berkonsultasi dengan dokter jantung di Belgia, Muamba memutuskan pensiun pada 15 Agustus 2012.

"Walau anjuran ini terlihat sangat buruk, saya harus banyak bersyukur dan berterima kasih kepada Tuhan karena masih diberikan kesempatan menjalani hidup. Terima kasih kepada tim medis yang tidak pernah menyerah saat melakukan penyelamatan kepada saya," kata Muamba seperti dilansir The Sun.

Kejadian mirip Muamba terjadi pada Sabtu 14 April 2012. Gelandang Livorno, Piermario Morosini, terjatuh pada menit ke-34 saat membela timnya melawan Pescara di Seri -B.

Pemain di Inggris Tewas Usai Terjatuh di Lapangan

Sayangnya, nyawa pemain berusia 25 tahun itu tidak tertolong dan meninggal sebelum diangkut oleh ambulan. Untuk menghormati insiden itu membuat semua laga liga profesional Italia terpaksa ditunda. (one)

Mantan bintang Premier League, Sasa Curcic

Nasib Miris Mantan Bintang Premier League Usai Pensiun

Curcic justru hidup melarat.

img_title
VIVA.co.id
7 September 2015