PSSI Bujuk Jacksen Tiago Jadi Pelatih Timnas

Pelatih Barito Putera, Jacksen Ferreira Tiago
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin

VIVAbola - Pelatih tim Liga Super Indonesia (ISL), Persipura Jayapura, Jacksen F Tiago diincar Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) untuk menukangi Timnas Indonesia. Langkah ini disinyalir sebagai upaya PSSI merekrut talenta pemain asal Papua.

Sebelumnya, PSSI versi Djohar Arifin Husin menunjuk Mesak Manibor sebagai manajer Timnas Indonesia. Pria yang saat ini menjabat Bupati Sarmi, Papua, itu menggantikan peran manajer sebelumnya, Habil Marati yang telah habis masa kontraknya. Setelah ditunjuk, Mesak langsung mengincar Jacksen F Tiago. Hal ini diakui sendiri oleh pelatih asal Brasil itu.

"Semalam [kemarin] saya juga dikunjungi oleh Pak Bupati Manibor untuk merayu pemain gabung dengan Timnas," ujar Jacksen ketika dikonfirmasi via BlackBerry Messenger.

"Susah sekali kondisi sepakbola saat ini, semua insan tahu ada dualisme. Tapi, PSSI lakukan pemanggilan pemain seolah tidak ada masalah apapun, sungguh aneh," tambahnya.

Sebagai manajer, Mesak langsung mengemban tugas lumayan berat. Dia diharapkan bisa "merayu" klub-klub ISL agar melepas pemainnya membela Timnas yang diproyeksikan tampil di kualifikasi Piala Asia 2015 Australia mulai Februari mendatang.

Mesak bahkan telah menemui Ketua Umum Persipura, Benhur Tommy Mano yang juga menjadi Walikota Jayapura. Ia juga telah menelepon manajer Persipura, Rudy Maswi, untuk meminta enam pemain Tim Mutiara Hitam agar mau bergabung dengan Timnas.

"Dia juga mau ajak saya menjadi pelatih Timnas sekalian. Tapi, mungkin itu bagian dari strategi untuk memudahkan anak-anak Persipura agar gabung Timnas," ungkap Jacksen yang mengawali karir sepakbola di Indonesia sebagai pemain Petrokimia Gresik ini.

Pelatih yang mengawali karir kepelatihannya di tim internal PSSI Surabaya, Assyabab, ini mengaku masih memendam kekecewaan terhadap PSSI pimpinan Djohar Arifin. "Selama beberapa tahun ini, Persipura selalu berprestasi buat tampil di level Internasional, tapi gara-gara persoalan ini kami tidak bisa menikmati. Sayang sekali untuk pembinaan mental anak-anak Papua," keluhnya.

Jacksen yang mengantarkan Persipura menjadi juara Liga Indonesia 2008-09 dan ISL 2010-11 ini menaruh harapan dengan terbentuknya Tim Task Force yang diketuai Rita Subowo. Tim yang dibentuk Pemerintah melalui Menteri Negara Pemuda dan Olahraga ini memiliki empat anggota yakni mantan Ketua Umum PSSI Agum Gumelar, Ketua KONI Tono Suratman, Sekretaris Kemenpora Yuli Mumpuni, dan Deputi I Kemenpora Djoko Pekik.

"Harapan besar kehadiran TF ini benar-benar bisa melakukan sebuah perubahan yang baik," harapnya mengakhiri perbincangan.

PSSI telah memanggil 43 pemain untuk melakoni pemusatan latihan mulai 4 Januari 2013. Kemungkinan besar pelatnas bakal digelar di Jakarta.

Indonesia harus menghadapi tim-tim raksasa sepakbola Asia yakni Irak (juara Asia 2007), Arab Saudi (juara Asia tiga kali), dan China di Grup C. Nantinya setiap juara dan runner-up grup plus tim peringkat 3 terbaik di antara lima grup itu akan lolos ke putaran final Piala Asia 2015 yang akan digelar di Australia pada 2015.

Arema Rela 'Peras Otak' Demi Timnas Indonesia
Andik Vermansah saat berseragam Selangor FA

Andik Vermansyah Absen di Seleksi Timnas Tahap Kedua

Seleksi Timnas tahap kedua bakal digelar pekan depan.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016