Marin: Scolari Spesialis Piala Dunia

Luiz Felipe Scolari
Sumber :
  • Reuters

VIVAbola - Presiden Federasi Sepakbola Brasil (CBF), Jose Maria Marin, mengungkapkan alasan utama mengapa Luiz Felipe Scolari kembali ditunjuk sebagai pelatih timnas Brasil. Marin menilai Scolari adalah pelatih spesialis Piala Dunia.

CBF mengambil langkah mengejutkan dengan memecat pelatih Mano Menezes dari posisi pelatih timnas Brasil, bulan lalu. Keputusan itu diambil jelang Brasil menjadi tuan rumah Piala Dunia 2014.

Keputusan CBF untuk kembali menunjuk Scolari sempat menuai kritikan. Pasalnya, karir pelatih 64 tahun tersebut dianggap gagal usai mengantarkan Brasil juara Piala Dunia 2002. Prestasi terbaik Scolari pasca-Piala Dunia 2002 adalah membawa timnas Portugal ke final Piala Eropa 2004.

Namun, Marin yakin CBF telah mengambil keputusan yang tepat. Marin menilai Scolari adalah pelatih spesialis Piala Dunia.

"Scolari adalah spesialis ketika kita bicara mengenai Piala Dunia. Dia punya pengalaman untuk menjuarai Piala Dunia. Dengan rekor internasional, begitu juga ketika menangani Portugal, dia adalah motivator hebat. Negara kami butuh motivator seperti Scolari," ujar Marin kepada suratkabar O Globo.

Pemecatan Menezes sempat ditentang sejumlah pemain timnas Brasil. Tapi, Marin menilai sudah saatnya Menezes didepak. Terlebih setelah kegagalan Brasil di Copa America 2011 dan Olimpiade 2012 London.

"Kami merasa ada tuntutan dari fans dan mengambil masukan dari media. Ada tuntutan akan perubahan. Ini bukan kali pertama kami memecat pelatih, dan jelas bukan yang terakhir. Sangat mudah bagi kami melihat kerja pelatih," tegas Marin.

Tugas pertama Scolari adalah menangani Brasil ketika melakoni laga persahabatan melawan Inggris di Stadion Wembley, 6 Februari 2013. (one)

Pele Batal Nyalakan Obor Olimpiade 2016
Tim penjinak bom Brasil meledakkan paket

Ledakan Terjadi di Lintasan Balap Sepeda Olimpiade 2016

Ditemukan paket misterius di dekat garis finis.

img_title
VIVA.co.id
7 Agustus 2016