Bola Resmi Piala Dunia 2014 Dites di 2 Event

Cafusa, bola resmi Piala Dunia 2014
Sumber :
  • footballfashion

VIVAbola - Bola resmi Piala Dunia selalu menuai kritikan. Tak salah jika Federasi Sepakbola Dunia (FIFA) akan menguji bola itu di dua event besar terlebih dahulu.

FIFA telah meresmikan bola baru yang akan dipakai di Piala Dunia 2014. Bola ini diproduksi oleh perusahaan raksasa perlengkapan olahraga asal Jerman, Adidas. Nama Cafusa merupakan representasi dan kombinasi tiga simbol kebudayaaan Brasil sebagai tuan rumah Piala Dunia 2014 yakni karnaval, sepakbola dan samba.

"Warga Brasil sangat menggilai sepakbola dan kami ingin menjadikan itu sebagai inspirasi yang diabadikan dalam bola Piala Dunia," kata Rodrigo Messias, Direktur Piala Dunia 2014.

Bola memegang peranan sangat penting dalam sebuah pertandingan sepakbola. Sehingga sedikit saja cela atau kritik dari para pemain selalu menjadi berita besar.

Cafusa pun tak luput dari keraguan akan kualitasnya. Karena selama ini bola yang diproduksi Adidas untuk Piala Dunia memang selalu menuai kritikan.

Pada Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan, bola yang diberi nama Jabulani dikeluhkan banyak kiper. Itu karena si kulit bundar lebih sulit ditangkap akibat berputar lebih banyak di udara.

Hal nyaris serupa terjadi pada bola di Piala Dunia 2006, Teamgeist. Tentu saja, FIFA berharap Cafusa bisa menjadi bola sempurna untuk pergelaran Piala Dunia.

Untuk itu, Cafusa akan diujicobakan di Piala Dunia Klub di Jepang, pekan ini. Setelah itu, Cafusa akan kembali dipakai pada laga pemanasan Piala Dunia 2014, yakni Piala Konfederasi 2013. Event ini juga akan digelar di Brasil. (adi)

Presiden FIFA Sebut Messi Tak Pantas Raih Bola Emas
Pemain Jerman, Mario Goetze, usai bobol gawang Argentina

Penentu Jerman Juara Piala Dunia Lelang Sepatunya

Sepatu itu belum pernah dicuci sejak final Piala Dunia 2014.

img_title
VIVA.co.id
29 November 2014