Lawan Mitra Kukar, Luka Savic Jadi Playmaker Persiba

Persiba Balikpapan saat latihan
Sumber :
  • ANTARA/Fahrul Jayadiputra

VIVAbola - Persiba Balikpapan memaksimalkan dengan sangat baik perhelatan Inter Island Cup (IIC) 2012 di Samarinda. Turnamen pramusim itu menjadi panggung bagi para penggawa muda tim kebanggaan Kota Balikpapan itu untuk menatap kompetisi sesungguhnya Indonesia Super Liga (ISL). Skuad Persiba sendiri sebagian besar diisi wajah baru hasil seleksi. Mereka kebanyakan berusia muda dan belum berpengalaman.

Jelang laga kedua melawan Mitra Kukar Kartanegara Selasa malam, 4 Desember 2012, Persiba tak mau memaksakan para pemainnya. Senin sore, pasukan Hanz Peter Schaller hanya berlatih ringan di Stadion Segiri Samarinda.

Hattrick Rudi Widodo Antar Surabaya United ke Semifinal

Hanz memberikan materi latihan berupa tendangan gawang dan game kecil. Latihan tersebut juga digunakan oleh Hanz untuk melihat kemampuan Vitor Miguel Coto Ortega. Pemain berpaspor Italia itu akan diseleksi oleh Hanz ketika timnya bertemu dengan Mitra Kukar.

"Masih belum bisa lihat dia. Tunggu besok saja," kata Hanz usai memimpin latihan.

Hanz tak membawa semua pemainnya. Para penggawa yang menjadi starter saat melawan Barito Putera diistirahatkan. Latihan hanya diikuti pemain lapis kedua. Di laga kedua nanti, Hanz tak mau timnya sampai salah taktik.

Dia akan memperhitungkan dengan benar para pemain yang akan diturunkan. Vitor kemungkinan besar akan turun sebagai starter. Dia ingin melihat kemampuannya. Hanz juga akan menarik posisi Luka Savic sedikit ke belakang. Pemain berkebangsaan Serbia itu akan dikembalikan ke posisi aslinya sebagai playmaker.

"Savic bisa bermain di beberapa posisi. Dia bisa di depan dan tengah. Tapi besok dia tak akan bermain sebagai striker," kata Hanz.

"Dia (Savic) datang satu hari sebelum pertandingan. Saya tak bisa langsung memainkannya sebagai midfielder. Pilihannya adalah striker, karena itu lebih mudah dan dia tak perlu membuka ruang untuk temannya yang lain," tambahnya.

Hanz berharap pemainnya sedikit lebih tenang di laga nanti. Saat melawan Barito Putra di laga pertama, seharusnya Nzekou Cs bisa mencetak 2 atau 3 gol. Tetapi, pemain membuang banyak peluang dan harus puas dengan hasil imbang 1-1.

45 Menit, Surabaya United Bombardir Gawang Persiba
Para pemain Arema Cronus

Langkah Persiba Terhenti di Semifinal Piala Gubernur Kaltim

Laga Arema vs Madura United menjadi penentu.

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2016